Masih Minim Peminat, Bupati Sragen Resmikan Kumbung Usaha Budidaya Jamur Tiram

Masih Minim Peminat, Bupati Sragen Resmikan Kumbung Usaha Budidaya Jamur Tiram

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melihat budidaya jamur--Mukhtarul Hafidh / diswayjateng.id

SRAGEN, diswayjateng.idBudidaya jamur tiram masih minim peminat, Bupati SRAGEN Kusdinar Untung Yuni Sukowati meresmikan kumbung usaha Budidaya jamur hasil kerjasama bantuan dengan dompet Dhuafa Rabu 9 Oktober 2024.

Bantuan dengan mekanisme wakaf ini dinilai efektif. Selain itu Kabupaten Sragen menjadi pilot project dalam mekanisme bantuan ini, salah satunya kumbung usaha budidaya jamur tiram.

Seremoni digelar di kumbung jamur yang berada di Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang. Bupati meresmikan kumbung usaha budidaya jamur tiram yang dinilai berhasil dan mampu berkembang. Saat ini sudah menyuplai produk ke sejumlah minimarket.

Bupati menyampaikan program bantuan dari dompet dhuafa banyak dan sering bagi warga Kabupaten Sragen. Hanya saja kali ini menggunakan mekanisme wakaf, termasuk dari wakaf uang, termasuk dari para ASN Sragen.

BACA JUGA:Daftarkan Tim Kampanye ke KPU Sragen, Nama Tokoh Nasional Bertebaran

BACA JUGA:Kampanye Hitam Mulai Bertebaran, PDIP Sragen Beri Isyarat

Wakaf tersebut dikelola di Bank Perkreditan Rakyat Syariah Sragen.

”Bagi hasil wakaf uang ini dikelola oleh dompet dhuafa, karena di Sragen termasuk yang potensi dan pilot project. Kita kembangkan usaha jamur ini, kalau berhasil kita kembangkan ke kecamatan lain,” ujarnya.

Yuni menegaskan harus ada pendampingan yang konsisten. Selain itu, diluar pendampingan budidaya, harus ada bantuan untuk mencarikan pasar pengembangan produk. Sekarang sudah mengembang dan dipasarkan ke puluhan toko.

Sementara Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Jawa tengah, Zaini Tafrikhan menyampaikan sampai saat ini sudah berhasil membuat 2 kumbung jamur dengan 4 karyawan.

Tugas karyawan ada yang menjaga dan memanen, dua lagi bertugas untuk meracik menjadi makanan olahan.

BACA JUGA:Bikin Panik! Pasien RSJ Bawa Senjata Airsoft Gun di Amankan Polsek Sragen

BACA JUGA:Nekat Beraksi di Sragen, Polisi Bekuk 5 Copet Spesialis Konser

”Kita kelola cash wakaf yang di deposito BPR Syariah Sragen, imbal hasilnya untuk program pemberdayaan,” ujar Zaini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: