4 Tips Jitu Menghindari Lilitan Utang Pinjaman Online agar Tidak Galbay

4 Tips Jitu Menghindari Lilitan Utang Pinjaman Online agar Tidak Galbay

tips menghindari lilitan utang pinjol --foto link umkm

Misal, pendapatan kita perbulan sebesar Rp10 juta, maka biaya cicilan pinjaman dana yang boleh diajukan tidak lebih dari Rp3 juta. Hal ini perlu diterapkan dengan maksud agar biaya kebutuhan pokok harian kita tetap aman dan tercukupi, sehingga tanggung jawab untuk bayar cicilan setiap bulannya dapat dilunasi dengan disiplin.

Kehadiran dana pinjaman instan secara online ini memang memudahkan dan akan sangat membantu kita pada saat konisi yang mendesak, namun ada baiknya kita juga harus menyikapinya dengan bijak. Jangan sampai terlena karena kemudahan yang diberikan, sehingga membuat kita lupa memperhatikan beberapa poin penting yang justru akan membuat kita terlilit utang.

BACA JUGA:4 Tips Mengatasi Lilitan Utang Pinjol agar Bebas Teror DC Lapangan

Selain itu kita juga perlu memastikan betul perusahaan atau aplikasi yang ingin kita gunakan untuk mendapatkan dana pinjaman online, apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Jika belum, sebaiknya jangan dipilih, karena hanya akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan yang besar di kemudian hari.

4. Pahami Secara jelas Besaran Bunga yang Diterapkan

Perlu diketahui, besaran bunga yang dikenakan perusahaan pinjaman online rata-rata nilainya lebih besar jika dibandingkan dengan perusahaan pinjaman konvensional. Adapun beragam biaya tambahan yang termasuk didalamnya, seperti biaya administrasi, biaya denda dan lain sebagainya. Pilihlah perusahaan atau aplikasi pinjaman dana online yang menawarkan biaya bunga yang terjangkau agar tidak menimbulkan beban keuangan yang terlalu besar kedepannya.

Demikian beberapa informasi mengenai tips menghindari lilitan utang pinjol yang perlu kalian ketahui untuk menghindari teror dan kejaran oleh DC pinjol. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: