4 Tips Jitu Menghindari Lilitan Utang Pinjaman Online agar Tidak Galbay

4 Tips Jitu Menghindari Lilitan Utang Pinjaman Online agar Tidak Galbay

tips menghindari lilitan utang pinjol --foto link umkm

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa tips menghindari lilitan utang pinjol agar aman dari galbay alias gagal bayar dan menghindari teror serta kejaran dari DC pinjaman online. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Tips menghindari lilitan utang pinjol merupakan solusi jika kalian sedang mengalami gagal bayar dan jangan panik dengan adanya teror serta kejaran dari DC lapangan pinjol. 

Seperti yang kita ketahui, DC lapangan akan melakukan penagihan kepada nasabah yang menunggak atau macet mayar. Bagi nasabah yang terlilit utang pinjol dapat mengikuti beberapa tips menghindari lilitan utang pinjaman online jika sudah terlanjur galbay. 

Nah, Dibawah ini ada beberapa tips menghindari lilitan utang pinjol yang bisa kalian gunakan dan lakukan untuk mengatasi galbay alias gagal bayar. 

BACA JUGA:Tips Bebas Lilitan Utang Pinjol Paling Efektif untuk Menghindari Galbay

 

1. Jangan Mengajukan Pinjaman Dana Untuk Kebutuhan Pribadi/Konsumtif

Tips menghindari lilitan utang pinjol yang pertama yaitu Sangat tidak disarankan menggunakan dana pinjaman online hanya untuk memenuhi hasrat kebutuhan pribadi. Kebutuhan pribadi/konsumtif maksudnya di sini seperti membeli barang yang bukan kebutuhan melainkan untuk gengsi semata, seperti berbelanja dan foya-foya. Jadi gunakanlah dana pinjaman sebaik mungkin seperti membuka usaha atau bisnis.

2. Hindari Meminjam dari Perusahaan yang Tidak Terdaftar di OJK

Saat ini marak penipuan atau pemerasan secara “tidak langsung” yang menerapkan tingkat suku bunga pinjaman yang cukup tinggi melalui aplikasi dana pinjaman online tanpa izin yang resmi dari pemerintahan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

BACA JUGA:4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

Maka dari itu sangat disarankan buat kalian yang ingin mendapatkan pinjaman dana online, sebaiknya teliti terlebih dahulu perusahaan atau aplikasi yang akan kalian gunakan. Pilihlah perusahaan atau aplikasi yang sudah terdaftar di OJK. Untuk membedakannya, kalian bisa langsung mengunjungi situs resmi OJK secara langsung.

3. Pastikan Mampu Melunasi Cicilan Setiap Bulannya

Tips menghindari lilitan utang pinjol berikutnya yaitu dengan memastikan sendiri jika kondisi keuangan sehat dan merasa mampu untuk membayar cicilan pinjaman setiap bulannya. Banyak para ahli keuangan yang menyarankan, untuk menutupi biaya kebutuhan kredit cicilan sebaiknya tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan kita sebulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: