4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

cara hindari lilitan utang pinjol --foto narasi tv

DISWAY JATENG - Cara hindari lilitan utang pinjol dapat menyelamatkan debitur dari berbagai kerugian, khususnya jika galbay. Karena itu, pastikan kalian kalian menyimak artikel ini sampai tuntas agar bebas dari berbagai kerugian kedepannya. 

Saat mendesak, mencari solusi cepat dan aman adalah prioritas. Pinjaman online menjadi pilihan utama dalam situasi ini. Permintaannya tinggi karena prosesnya cepat, sederhana, dan tidak memerlukan BI Checking. Dengan ini, sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya ketahui cara hindari lilitan utang pinjol dan pastikan pilihlah pinjol yang resmi. 

Sebelum mengajukan, penting untuk memahami syarat dan ketentuan pinjaman online serta memastikan legalitas lembaga tersebut agar tidak terjebak dalam skema yang tidak wajar. Minimnya pengetahuan mengenai cara hindari lilitan utang pinjol seringkali menyebabkan nasabah galbay. Sebab itu, perlu tahu beberapa solusi efektif yang bisa menghindari dari risiko terjadinya galbay. 

Lantas, bagaimana cara hindari lilitan utang pinjol? Berikut ada beberapa solusi tepat yang dapat kalian coba supaya aman dari galbay pinjol. 

BACA JUGA:Tips Bebas Lilitan Utang Pinjol Paling Efektif untuk Menghindari Galbay

 

1. Pilih Lembaga Pinjol yang Legal (Terdaftar di OJK)

Cara hindari lilitan utang pinjol yaitu dengan memilih lembaga pinjol yang sudah resmi OJK. Saat ini ada banyak sekali pinjol yang tidak terdaftar secara resmi di OJK. Entah karena besaran bunga yang melebihi batas wajar, hingga pendirian perusahaan yang tidak jelas. 

Berhati-hatilah dalam memilih kreditur pinjol. Salah dalam melangkah yang terjadi justru keuangan bisa terganggu, mulai dari bunga yang tidak wajar, diganggu oleh pihak DC hingga yang terparah yaitu pencurian data oleh pihak kreditur melalui mobile apps. 

2. Jangan Ambil Pinjol Apabila Memiliki Cicilan yang Masih Berjalan

Cara hindari lilitan utang pinjol selanjutnya yaitu jangan ambil pinjol apabila kalian memiliki cicilan yang masih berjalan. 

BACA JUGA:7 Tips Melunasi Utang Pinjol Tepat Waktu, Solusi Cerdas Agar Cepat Keluar dari Lilitan Utang

Hal tersebut dikarenakan pinjaman yang masih berjalan akan selalu membebani keuanganmu. Tidak menutup kemungkinan pengeluaran semakin bertambah dan kalian pun tidak mampu mengembalikan pinjaman tepat waktu. Pada akhirnya justru denda pinjaman semakin membengkak, terlebih untuk jenis pinjol bunganya akan terakumulasi berdasarkan jumlah hari saat telat membayar.

3. Takar Kemampuan Finansial sebelum Ajukan Pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: