Ketahui Cara Efektif Menghapus Data BI Checking, Berikut Cara Mengeceknya

Ketahui Cara Efektif Menghapus Data BI Checking, Berikut Cara Mengeceknya

cara menghapus data bi checking --foto youtobe

DISWAY JATENG - Cara menghapus data BI checking (SLIK OJK) cukup mudah dilakukan, sehingga tidak sedikit orang melakukannya agar nama mereka bersih dan tidak lagi terdaftar di website tersebut. 

Jika skor BI checking kalian memenuhi syarat, permohonan bantuan pinjaman bank pun akan mudah disetujui. Tapi jika skor kalian buruk, besar kemungkinan permohonan pinjaman kalian akan ditolak. Karena itu, perlu ketahui cara menghapus data BI checking agar pengajuan pinjaman mudah disetujui. 

Memiliki nama yang tercantum di BI checking membuat sebagian orang merasa risih, pasalnya terdapat beberapa cara menghapus data BI checking yang dapat kalian lakukan. 

Pasalnya informasi data kalian yang ada di website tersebut akan digunakan lembaga keuangan sebagai dasar dalam menilai kelayakan kredit nasabah sebelum memberikan dana pinjaman. Jika kalian berniat melakukan cara menghapus data BI checking maka simak terus artikel ini sampai tuntas. 

BACA JUGA:Ketahui Cara Cek BI Checking dengan Mudah Sebelum Ajukan Pinjaman

Cara Menghapus Data BI Checking

Skor BI Checking yang buruk bukan akhir dari segalanya. Kalian bisa membersihkan nama di BI Checking. Umumnya kalian diberi waktu sekitar 6 bulan untuk pemulihan peringkat debitur. Setelah skor dipulihkan, kalian bisa mengajukan kredit ulang. 

1. Cara menghapus data BI checking dengan meminta surat keterangan dari bank yang menjelaskan bahwa utang kalian telah lunas. Dan data kalian akan diproses serta menunggu hingga skor BI Checking kalian pulih, nama pun jadi bersih.

2. Setelah melunasi cicilan, biasanya skor BI checking akan berubah. Tapi jika belum ada perubahan, kalian bisa konfirmasi ke pihak bank dan memastikan cicilan kalian telah lunas.

3. Lunasi semua tunggakan yang tercatat di BI Checking. Kalian harus sangat teliti, pastikan tidak ada satu rupiah pun terlewat.

Pengertian BI Checking 

BI checking dulu dikenal dengan Sistem Informasi Debitur (SID). Dalam sistem ini tercantum sejumlah informasi seperti identitas, riwayat kredit yang pernah dilakukan, informasi pemberi kredit, hingga kelancaran pembayaran kredit. Jika kalian punya riwayat kredit macet, hal ini juga akan tercatat di BI Checking.

BACA JUGA:3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

BI checking merupakan sebuah sistem yang menyediakan informasi terkait riwayat kredit. Sistem ini akan menunjukkan seluruh rekam jejak kalian dengan masalah finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: