3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

cara membersihkan bi checking --foto youtobe

DISWAY JATENG - Cara membersihkan BI checking mungkin belum diketahui bagi banyak orang. Pasalnya, banyak nasabah yang melakukan pinjaman dan mengalami kredit macet sehingga terganggu dalam pengajuan berikutnya. 

Sistem ini merupakan catatan informasi terkait riwayat debitur bank atau lembaga keuangan lainnya, khususnya mengenai kelancaran atau ketidaklancaran pembayaran kredit. Dengan begitu, cara membersihkan BI checking banyak dicari nasabah untuk memperlancar pinjaman. 

Cara membersihkan BI checking ini menjadi suatu hal yang krusial dalam proses pinjam peminjam. Sebab BI checking menjadi suatu kendala yang cukup fatal dalam pelaksanaan pinjaman, apalagi jika menggunakan aplikasi pinjaman online. 

Apabila BI checking atau SLIK OJK menjadi permasalahan utama yang menyebabkan aplikasi kredit ditolak, nasabah bisa mencari cara membersihkan BI checking agar pengajuan kembali mudah disetujui. 

BACA JUGA:Tips Membersihkan BI Checking dan Riwayat Kredit Buruk Agar Bisa Ambil KPR

Cara Membersihkan BI Checking

Bagi yang mendapatkan skor 3,4, dan 5 pada BI Checking, pembersihan atau pemutihan skor perlu dilakukan agar nasabah bisa mengajukan pinjaman kembali, dengan cara sebagai berikut :

1. Memantau Skor Kredit pada BI Checking

Pelunasan tunggakan cicilan kredit bisa mengubah skor kredit pada BI Checking. Cek apakah skor kredit telah berubah atau belum.

Jika belum mengalami perubahan setelah semua kredit sudah dilunasi, maka bisa mengajukan komplain ke bank atau lembaga keuangan penyedia layanan kredit.

2. Melunasi Tunggakan Cicilan Kredit

Cara membersihkan BI Checking dengan melunasi cicilan kredit yang telah lama jatuh tempo. Skor kredit yang tinggi disebabkan oleh kegagalan pembayaran sehingga menyebabkan tunggakan.

Agar skor kredit membaik, segera lunasi kredit sesuai dengan nominal yang tertera pada sistem BI Checking yang sekarang menjadi SLIK.

Sembari melakukan pelunasan, cek riwayat kredit pada akun. Jika merasa ada pengajuan kredit yang janggal, kalian bisa melaporkan masalah tersebut kepada pihak pemberi layanan. Apabila kalian terbukti tidak pernah mengajukan kredit tersebut, maka tagihan yang ada dalam riwayat kredit akan dihapus oleh sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: