5 Tips Jitu Melunasi Utang dengan Cepat dan Halal

5 Tips Jitu Melunasi Utang dengan Cepat dan Halal

tips melunasi utang dengan cepat dan halal--foto tokopedia

DISWAY JATENG - Tips melunasi utang dengan cepat dan halal bisa menjadi langkah terbaik agar lepas dari kejaran DC lapangan. Tapi tenang saja, artikel ini tidak akan menggurui kalian dengan pengelolaan keuangan yang justru makin bikin rumit. 

Sebelum mengetahui tips melunasi utang dengan cepat dan halal sebaiknya pelajari mengenai ketentuan perjanjian pinjaman. Karena itu, cari informasi tentang bunga, biaya administrasi, dan tanggal jatuh tempo pembayaran. 

Tidak hanya strategi finansial saja, bersabar dan berkomitmen menjadi salah satu kunci untuk mengatasi masalah finansial kalian. Dibawah ini ada beberapa tips melunasi utang dengan cepat dan halal yang bisa kalian coba. 

Lantas, bagaimana tips melunasi utang dengan cepat dan halal? Berikut ada beberapa tips efektif dan mudah untuk dilakukan supaya bisa lepas dari jeratan utang.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Menumpuk, Terbukti Aman dan Efektif

Tips Melunasi Utang dengan Cepat dan Halal 

1. Terapkan Manajemen Utang 

Meski kedengarannya sulit dan rumit, manajemen utang bisa membuat kalian melunasi utang tanpa harus punya uang. Caranya mudah yang harus dilakukan yaitu dengan mendatangi bank tempat kalian memiliki utang dan berkonsultasi dengan mereka.

Berikut alternatif cara manajemen utang yang bisa dilakukan:

  • Konsultasi dengan Profesional

Tidak ada salahnya jika kalian mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam soal keuangan. Orang-orang profesional di bidang ini biasanya memahami strategi dalam melunasi utang lebih cepat. Cobalah minta saran apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi kalian saat ini.

Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya juga bisa bernegosiasi dengan bank untuk membantu.

Aternatif lainnya, kalian juga bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang dipercaya. Meski mereka bukan orang yang ahli di bidang keuangan, setidaknya kalian tidak menanggung sendiri beban pikiran tersebut.

BACA JUGA:Ketahui Tips Melunasi Utang Pinjol Agar Bebas dari Kejaran Debt Collector, Berikut Ciri-ciri Pinjol Legal OJK

2. Kurangi Pengeluaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: