Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Manfaat puasa untuk penderita asam lambung-Sonora.id-

DISWAYJATENG - Puasa merupakan ibadah yang tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat yang efektif salah satunya manfaat puasa untuk penderita asam lambung. 

Apakah manfaat puasa untuk penderita asam lambung ini asing di telingamu? Tentunya, puasa memang memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi penderita asam lambung.

Manfaat puasa untuk penderita asam lambung bisa kamu rasakan ketika dalam kondisi badan yang sehat, fit, dan bugar. Asam lambung, yang terjadi akibat produksi asam berlebih dalam lambung, sering kali menyebabkan ketidaknyamanan seperti rasa mual dan sensasi terbakar di dada.

Namun, dengan menjalankan puasa dengan benar, penderita asam lambung dapat merasakan sejumlah manfaat puasa untuk penderita asam lambung yang signifikan.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Manfaat Puasa untuk Asam Lambung, Bisa Jadi Solusi Pengobatan

Puasa membawa perubahan pola makan yang lebih teratur dan gaya hidup yang lebih terkontrol bagi penderita asam lambung.

Penelitian yang diterbitkan dalam Acta Medica Indonesiana – The Indonesian Journal of Internal Medicine pada tahun 2016 menunjukkan bahwa puasa Ramadan dapat membantu mengurangi gejala GERD pada penderita asam lambung. Selama puasa, jadwal makan menjadi lebih teratur, yaitu saat berbuka puasa dan sahur.

1. Mengurangi Aktivitas pada Usus dan Lambung

Puasa membantu mengurangi aktivitas dan pola Gerakan pada usus dan lambung. Dengan tidak adanya asupan makanan secara terus-menerus, organ pencernaan memiliki kesempatan untuk beristirahat. Dengan begitu dapat mengurangi tekanan pada dinding lambung dan mengurangi risiko terjadinya refluk asam.

BACA JUGA:Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

2. Mengurangi Sekresi Asam Lambung

Selama puasa, produksi asam lambung akan berkurang karena tubuh tidak lagi memproses makanan secara aktif. Hal ini membantu menghindari peningkatan sekresi asam lambung yang seringkali menjadi pemicu masalah asam lambung.

3. Meredakan Stres

Stres adalah pemicu umum naiknya asam lambung. Berpuasa dapat membantu mengalihkan fokus dari masalah yang membuat stres menjadi fokus pada aspek spiritual atau bahkan pada rasa lapar dan haus.

Dengan demikian, tingkat stres yang terkontrol dapat membantu mengurangi kemungkinan gejala asam lambung kambuh. Nah, manfaat puasa untuk penderita asam lambung juga berhubungan dengan kondisi mental si penderita.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ini 3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

4. Menjaga Pola Makan

Puasa mengubah pola makan yang lebih teratur dengan membatasi waktu makan selama jam-jam tertentu.

Dengan membatasi waktu makan, penderita asam lambung dapat menghindari makan berlebihan, tidak sesuai jadwal makan, atau makan terlalu dekat dengan waktu tidur yang dapat memicu gejala asam lambung.

Tips Puasa bagi Penderita Asam Lambung 

Untuk menjalani puasa dengan lancar dan aman, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan Tidak Melewatkan Sahur

Tidak sahur dapat memperparah asam lambung karena perut akan kosong dalam waktu yang lama. Makan saat sahur juga membantu mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Pilih menu buka puasa dan sahur yang tinggi serat untuk mengontrol asam lambung. Hindari makanan tinggi lemak atau pedas yang dapat merangsang produksi asam lambung.

3. Makan dalam Porsi Kecil

Makan dalam porsi kecil membantu mengurangi tekanan pada lambung dan mencegah refluks asam.

4. Makan secara Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan membantu mengurangi beban lambung selama pencernaan.

5. Hindari Tidur setelah Makan

Beri jeda minimal 2-3 jam antara makan dan tidur untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

6. Berbuka Puasa Tepat Waktu

Selalu berbuka puasa tepat waktu untuk mengisi perut yang kosong dan memenuhi energi setelah berpuasa. Dengan mengatur pola berbuka tepat waktu bisa mengurangi gejala asam lambung.

7. Hindari Makanan Pedas dan Asam

Konsumsi makanan yang tidak merangsang produksi asam lambung yang berlebihan.

Itulah manfaat puasa untuk penderita asam lambung. Dengan memperhatikan jenis makanan dan aturan makan saat berpuasa, penderita asam lambung dapat menjalani ibadah puasa Ramadan dengan lancar dan aman.

Puasa tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental yang signifikan. Semoga tips ini membantu menjadikan puasa sebagai pengalaman yang bermanfaat bagi semua.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: