Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat puasa untuk kesehatan, salah satunya hindari risiko diabetes-Rey.id-

DISWAYJATENG - Puasa adalah ibadah yang penting banget dalam agama Islam. Tapi tau nggak sih, puasa itu nggak cuma soal urusan rohani aja, tapi banyak banget loh manfaat puasa untuk kesehatan.

Bahkan nggak hanya kesehatan fisik saja, puasa juga berguna untuk kesehatan mental. Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh sudah terbukti dari banyaknya penelitian kesehatan.

Bahkan jika kamu merasakan, saat berpuasa tubuh merespon baik dan terhindar dari penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Jadi, apakah manfaat puasa untuk kesehatan ini terdengar klise di telinga mu? Jangan salah ya.

Dengan memanfaatkan momentum puasa ini kamu bisa mendapatkan banyak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, bahkan bisa menurunkan risiko diabetes.

BACA JUGA:10 Trik Jitu Diet saat Puasa yang Aman dan Efektif, Paling Penting Hindari Semua Jenis Gorengan

Nah, sekarang kita bakal bahas beberapa manfaat puasa yang mungkin belum banyak diketahui oleh kita semua. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Jaga Kesehatan Mental

Wah, ternyata puasa bisa bantu kita menjaga kesehatan mental loh, teman-teman! Pasalnya, puasa bisa ngebantu kita mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, puasa juga bisa bikin pikiran kita lebih tenang dan lebih fokus pada hal-hal yang positif, lho!

Sungguh menyenangkan jika kita berpuasa di bulan Ramadan ini, manfaat puasa untuk kesehatan dapat kita rasakan. Bahkan bisa menjaga kesehatan mental kita.

2. Jantung Jadi Makin Sehat

Keren banget ya, ternyata puasa juga bisa bantu kita jaga kesehatan jantung! Saat kita puasa, tubuh kita nggak terima makanan dan minuman selama beberapa jam.

BACA JUGA: Referensi Menu Sahur dan Buka untuk Diet Saat Puasa, Enak dan Mengenyangkan

Nah, ini bisa bantu banget nih turunin kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, yang artinya jantung kita bisa lebih sehat dan risiko penyakit jantung jadi lebih rendah!

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir lagi karena menjalankan ibadah puasa. Tentu, kamu akan merasakan manfaat puasa untuk kesehatan setiap hari di bulan puasa ini. Manfaat ini juga bisa menjadi alternatif kesehatan kamu.

3. Otak Jadi Lebih Cerdas

Iya, bener banget! Puasa ternyata juga bisa bantu kita jaga kesehatan otak, loh! Beberapa penelitian udah ngebuktikan kalo puasa bisa bantu meningkatkan fungsi otak kita dan memperbaiki daya ingat.

Jadi, kalo lagi puasa, kita bisa jadi lebih fokus dan lebih cepat belajar, nih! Manfaat puasa untuk kesehatan yang satu ini memiliki peran penting terhadap kecerdasan otak. Wah, ajaib bukan?

BACA JUGA: Ajaib, Inilah Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Wah, ternyata puasa juga bisa bantu kita ngurangin risiko diabetes, teman-teman! Ada penelitian yang udah ngasih tau kalo puasa bisa bantu menurunin kadar gula darah dan meningkatin sensitivitas insulin pada orang yang punya diabetes.

Manfaat puasa untuk Kesehatan yang satu ini bisa kamu rasakan saat kamu sedang mengalami diabetes. Walaupun tidak menjamin sembuh total, namun dengan berpuasa mampu memberikan alternatif pengobatan yang alami. Keren banget, ya?

5. Mengembangkan Empati

Ini dia manfaat puasa yang mungkin nggak semua orang tau, teman-teman! Puasa bisa bantu kita mengembangkan empati loh.

Saat kita puasa, kita bisa merasakan bagaimana rasanya kelaparan dan haus, kayak yang dirasain sama orang-orang yang kurang mampu. Nah, ini bisa bikin kita jadi lebih peka sama kondisi orang lain yang butuh bantuan, lho!

BACA JUGA: Ingin Tampil Kurus di Hari Lebaran? Gunakan 8 Cara Diet saat Puasa yang Aman dan Efektif

Nah, itu tadi beberapa manfaat puasa untuk kesehatan yang mungkin belum banyak kita tau. Selain manfaat-manfaat itu, puasa juga bisa bantu kita meningkatkan spiritualitas dan kualitas hidup kita secara keseluruhan, lho! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: