Ingin Tampil Kurus di Hari Lebaran? Gunakan 8 Cara Diet saat Puasa yang Aman dan Efektif

Ingin Tampil Kurus di Hari Lebaran? Gunakan 8 Cara Diet saat Puasa yang Aman dan Efektif

Cara diet sehat saat berpuasa-Radar Utara-

DISWAYJATENG - Puasa bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan diet. Namun, bagaimana cara untuk melakukan diet saat puasa? Tentu, tetap dalam keadaan sehat dan aman ya.

Diet saat puasa menjadi alternatif tersendiri untuk menjaga kestabilan berat badan. Pasalnya, bagi Sebagian orang, berat badan merupakan masalah yang cukup serius dan perlu diperhatikan baik-baik.

Di sini, kami punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga Kesehatan dan melakukan diet saat puasa.

BACA JUGA: Menu Sahur untuk Diet Sehat Saat Puasa, Jadi Pilihan yang Tepat untuk Menjaga Berat Badan

Tips diet saat puasa yang aman dan nyaman

1. Simpan Energi untuk Bertahan

Tak perlu repot-repot berolahraga keras saat sedang berpuasa. Simpan tenagamu untuk bertahan melawan lapar dan beraktivitas normal sepanjang hari. Walaupun demikian, perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan sampai kamu tidak berolahraga tapi saat berbuka tetap mengonsumsi makanan secara sembarangan dan melupakan pola hidup sehat. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk langkah diet saat puasa.

2. Minum Banyak Air Mineral

Setiap harinya, tubuh membutuhkan paling tidak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas berukuran sedang. Tidak terkecuali saat berpuasa. Gunakan rumus 2-4-2 sebagai acuan minum selama puasa.

BACA JUGA: Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa, Yuk Ikuti 8 Cara Sehat Ini

Dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Minum air mineral sebelum makan bisa membantu mengontrol nafsu makan kamu.

3. Perbanyak Serat dan Protein

Pastikan makanan yang kamu konsumsi kaya akan serat dan protein. Pilihlah makanan yang memiliki kedua kandungan tersebut karena proses penyerapannya akan memakan waktu yang lebih lama dalam tubuh. Ini akan membuat kamu merasa kenyang sepanjang hari dan menekan nafsu makan.

4. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis akan mengacaukan diet kamu. Saat berpuasa, produksi insulin dalam tubuh akan menurun. Insulin berperan sebagai pengubah gula menjadi sumber energi.

BACA JUGA: Jangan Salah, Berikut 9 Cara Diet Sehat Saat Ramadan. Jadi Solusi untuk Kesehatan dan Kecantikanmu

Ketimbang makanan dan minuman manis, pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks untuk menambah energi.

5. Konsumsi Probiotik dan Prebiotik

Selama seharian berpuasa, pasti kamu akan sangat lapar-laparnya bukan? Untuk membantu kerja usus dalam mengolah makananmu, konsumsilah makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik.

6. Konsumsi Makanan Berlemak Baik, Hindari Makanan Berlemak Jahat

Tambahkan kandungan lemak baik dalam asupan makananmu saat berbuka dan sahur. Lemak baik atau lemak tak jenuh berasal dari minyak ikan, kacang-kacangan, olive oil, alpukat, dan lain-lain.

Hindari makanan berlemak yang serba digoreng karena mengandung banyak lemak jahat atau lemak jenuh. 

BACA JUGA: Kiat Sukses Diet Sehat Saat Puasa Dengan 6 Cara Berikut Ini. Auto Langsing di Hari Lebaran

7. Cukup Tidur dan Bergerak

Kurang tidur bisa membuat tubuh kamu gemuk! Pasalnya, kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolisme dalam tubuh, apalagi saat puasa.

Selain itu, ketika kamu kurang tidur maka hormon ghrelin akan semakin aktif. Hormon inilah yang menyebabkan nafsu makan kamu semakin menjadi-jadi. Jadi, tidur cukup setiap harinya, ya. Selain tidur, kamu tetap disarankan untuk bergerak aktif.

Memang kamu tidak perlu berolahraga terlalu keras, tapi tetap melakukan aktivitas normal dan menambahkan gerak setiap harinya. Dengan melakukan cara ini, kamu sudah bisa memaksimalkan program diet saat puasa.

8. Enzim Booster dan Cleansing Booster

Makanan atau minuman dengan bahan dasar yang dapat berperan sebagai enzim dan dapat melakukan detoks dalam tubuh akan membantu proses pencernaan makanan. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung enzim papain dan bromelain, seperti pepaya dan nanas, serta makanan dengan kandungan prebiotik dan probiotik.

BACA JUGA: 2 Rekomendasi Menu Sehat saat Puasa yang Rendah Kalori. Simak cara membuatnya

Puasa bukanlah penghalang untuk hidup sehat, Sobat! Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa tetap menjaga kesehatanmu dan melakukan diet saat puasa.

Jangan lupa untuk tetap disiplin dan konsisten dalam menjalankan pola hidup sehatmu. Semoga puasamu berjalan lancar dan sehat selalu!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: