Ternyata Inilah Manfaat Puasa untuk Asam Lambung, Bisa Jadi Solusi Pengobatan

Ternyata Inilah Manfaat Puasa untuk Asam Lambung, Bisa Jadi Solusi Pengobatan

Manfaat puasa untuk lambung-Nutrifakes-

DISWAYJATENG - Bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung (GERD), menjalankan ibadah puasa mungkin menimbulkan kekhawatiran. Padahal, penelitian membuktikan bahwa manfaat puasa untuk asam lambung sangatlah beragam, bahkan bisa menjadi solusi untuk pengobatan.

Manfaat puasa untuk asam lambung sudah menjadi hal yang biasa. Artinya, puasa banyak dijadikan sebagai alternatif pengobatan asam lambung karena dengan proses dan pola dalam berpuasa bisa menjadikan kesehatan lambung lebih baik.

Puasa menjadi momok menakutkan bagi penderita asam lambung. Namun, dengan pemahaman tentang manfaat puasa untuk asam lambung yang tepat dan pengaturan pola makan yang benar, puasa bisa menjadi aman dan bahkan membantu meringankan gejala asam lambung.

Manfaat puasa untuk asam lambung juga berperan penting dalam proses penyembuhan. Dengan berpuasa, asam lambung bisa terkontrol. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ini 3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Kekhawatiran Pengidap Asam Lambung saat Puasa

Pengidap GERD mungkin merasa waswas saat ingin berpuasa. Selama hampir 14 jam, tubuh mereka tidak akan menerima asupan makanan atau minuman, termasuk obat-obatan. Namun, jika mereka memperhatikan aturan makan yang sehat, puasa bisa dilakukan dengan aman.

BACA JUGA:Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Menemukan Solusi: Manfaat Puasa dalam Meringankan Asam Lambung

Studi yang dipublikasikan dalam Acta Medica Indonesiana – The Indonesian Journal of Internal Medicine pada 2016 menyebutkan bahwa puasa Ramadan dapat membantu meringankan gejala GERD. Selama puasa, pola makan menjadi teratur, hanya saat sahur dan berbuka puasa.

Hal ini membantu menjauhkan pengidap dari makanan-makanan tidak sehat yang bisa memicu asam lambung.

BACA JUGA:Masih Nggak Percaya Puasa Bisa Menyehatkan Tubuh Anda? Berikut 4 Fakta Menarik Puasa Ramadhan

Puasa juga mengurangi kebiasaan merokok dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Pembatasan makanan selama puasa membuat tubuh membakar lebih banyak lemak, mengurangi berat badan, dan mengurangi kadar gula serta kolesterol dalam tubuh.

Secara mental, puasa juga dapat menurunkan tingkat stres, yang bisa mempengaruhi tingkat keparahan asam lambung. Nah, dengan begitu kamu bisa merasakan manfaat puasa untuk asam lambung.

Mekanisme dan Manfaat Puasa dalam Konteks Asam Lambung

Dalam konteks penyakit asam lambung, mekanisme puasa yang mengatur pola makan menjadi faktor penting. Selama puasa, tubuh menjalani periode tanpa asupan makanan dan minuman untuk beberapa jam.

Ini membantu mengurangi beban kerja lambung dalam mengolah makanan dan menetralkan asam lambung.

Selain itu, puasa juga mengatur waktu makan yang teratur, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini membantu mencegah makanan yang dimakan secara berlebihan atau di luar jadwal, yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Dengan demikian, puasa memberikan kesempatan bagi lambung untuk beristirahat dan memulihkan keseimbangan asam lambung. Manfaat puasa untuk asam lambung ini bisa dipengaruhi karena faktor perubahan pola makan saat berpuasa.

Tips untuk Pengidap Asam Lambung saat Puasa

1. Jangan Lewatkan Sahur

Makan sahur membantu mencegah asam lambung naik saat siang hari. Pastikan untuk makan sahur tepat waktu dan pilih makanan yang mudah dicerna.

2. Buka Puasa Tepat Waktu

Setelah berpuasa sepanjang hari, pastikan untuk segera makan saat berbuka. Ini membantu mengisi perut dengan makanan sehingga asam lambung dapat langsung bekerja.

3. Makan dengan Perlahan

Hindari makan terlalu cepat dan pastikan untuk mengunyah makanan dengan baik. Ini membantu mencegah naiknya asam lambung.

4. Porsi Kecil

Meskipun lapar setelah berpuasa, hindari makan terlalu banyak. Makan dengan porsi kecil membantu tubuh dalam mencerna makanan dengan lebih baik.

Nah, demikianlah manfaat puasa untuk asam lambung. Untuk kamu penderita asam lambung tidak perlu khawatir, selain beribadah puasa juga bisa mendatangkan manfaat.

Puasa bagi pengidap asam lambung tidak perlu dikhawatirkan asal dijalani dengan pemahaman yang tepat dan perhatian terhadap pola makan yang sehat.

 Jika perlu, selalu konsultasikan dengan dokter untuk saran yang lebih spesifik sesuai kondisi masing-masing. Semoga puasa menjadi pengalaman yang baik bagi semua, termasuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan khusus seperti GERD.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: