Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Manfaat Baik Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Minyak zaitun untuk Ibu hamil-Blibi.com-

DISWAYJATENG - Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil tuh ga boleh dianggap remeh, lho. Minyak sehat ini ga cuma bisa bantu atasin keluhan yang mungkin Bumil alami, tapi juga bermanfaat buat dukung tumbuh kembang janin.

Manfaat minyak zaitun, atau olive oil, itu minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun. Di setiap sendoknya, kira-kira ada 120 kalori dan banyak nutrisi keren, kayak lemak, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan kolin.

Selain itu, manfaat minyak zaitun juga punya sifat antioksidan dan antiradang yang oke banget. Segudang khasiat minyak zaitun ini cukup mudah didapatkan di sekitar kita.

Berkat kandungannya itu, banyak sekali manfaat minyak zaitun buat ibu hamil dan janin, di antaranya:

 

BACA JUGA:Kombinasi 3 Bahan Alami dengan Manfaat Minyak Zaitun untuk Cerahkan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas

1. Menyamarkan Stretch Mark

Stretch mark tuh kayak guratan di kulit yang sering muncul pas hamil. Biasanya, nongolnya di perut, lengan atas, paha, atau bokong. Stretch mark itu munculnya gara-gara perubahan hormon selama kehamilan dan kulit yang meregang karena bertambahnya berat badan.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tangan dan Kaki di Usia 40-an

Buat samarkan stretch mark, Bumil bisa olesin minyak zaitun. Soalnya, minyak zaitun punya antioksidan dan vitamin serta mineral yang bisa bantu ngilangin stretch mark.

2. Merawat dan Memperbaiki Kulit Kering

Ada juga ibu hamil yang mengeluh kulitnya kering. Biasanya, ini karena perubahan hormon atau iritasi kulit. Buat atasin masalah ini, Bumil bisa pakai pelembap.

Selain itu, Bumil juga bisa pake bahan alami yang bisa lembapin kulit, kayak minyak zaitun dan lidah buaya, buat atasin kulit kering.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat minyak zaitun buat ibu hamil yang selanjutnya adalah buat dukung daya tahan tubuh tetap kuat. Ini berkat kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam minyak zaitun.

BACA JUGA:Rahasia Kulit Bebas Belang dengan Bahan Alami, Salah Satunya Minyak Zaitun, Cocok Untuk Lansia

Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh Bumil bisa lebih tahan kena kuman dan virus penyebab infeksi. Plus, imunitas tubuh yang baik juga penting buat dukung pembentukan sistem kekebalan tubuh janin.

4. Meringankan Kram Kaki

Kram kaki tuh sering dialami ibu hamil. Biasanya, ini karena berat badan naik selama hamil dan aliran darah di kaki yang berkurang.

Buat meringankan kram kaki, Bumil bisa coba campur sekitar 2−3 sendok makan minyak zaitun dengan sekitar 15 tetes minyak esensial, kayak minyak lavender atau camomile. Terus, pakai campuran minyak itu buat pijet lembut kaki yang sakit dan kram.

5. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Manfaat minyak zaitun itu sumber lemak sehat yang bagus buat dukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain itu, minyak zaitun juga punya antioksidan, kolin, dan vitamin E yang bagus buat dukung peningkatan berat badan janin, kuatkan daya tahan tubuh janin, dan perkembangan otaknya.

Ada beberapa riset yang nunjukin kalo minyak zaitun bisa kurangin risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan kelahiran prematur.

6. Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut pas hamil bisa diatasi pake minyak zaitun. Caranya, campur sekitar 15–20 tetes minyak esensial dengan 4 sendok makan minyak zaitun.

Terus, olesin ke kulit kepala dan rambut, trus bungkus kepala pake penutup kepala semalaman dan biarin sampe pagi. Besoknya, cuci rambut dengan sampo sampe bersih. Bumil bisa lakukan ini tiap 3 hari sekali sampe kutu benar-benar hilang.

Itulah berbagai manfaat minyak zaitun buat ibu hamil yang perlu Bumil ketahui. Selain pake minyak zaitun, Bumil juga perlu jaga kesehatan tubuh dan janin dengan makan sehat, olahraga teratur, hindari stres, istirahat cukup, dan pastinya rutin periksa ke dokter.

Meski banyak manfaatnya, pake atau konsumsi minyak zaitun bisa bikin reaksi alergi pada beberapa ibu hamil. Makanya, disarankan buat konsultasi ke dokter kandungan dulu biar bisa dapetin manfaat minyak zaitun sebanyak-banyaknya.

Sekarang, Moms bisa punya kulit yang elastis dan bersih tanpa noda sedikit pun dengan harga yang sangat terjangkau!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: