Khasiat Alpukat untuk Kesehatan Rambut, ASalah Satunya Bisa Mencegah dan Mengobati Kerontokan

Khasiat Alpukat untuk Kesehatan Rambut, ASalah Satunya Bisa Mencegah dan Mengobati Kerontokan

Manfaat masker alpukat untuk rambut-Alodokter-

Alpukat tidak hanya mengurangi kerontokan rambut tapi juga membantu menebalkan rambut. Hal ini karena alpukat mengandung asam folat, protein, antioksidan, dan lemak sehat yang mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain nutrisi tersebut, alpukat juga mengandung vitamin C yang merangsang produksi kolagen. Protein ini memainkan peran penting dalam pembentukan kulit dan rambut, yang berarti dapat membuat rambut lebih tebal.

4. Mencegah Ketombe

Alpukat mengandung antioksidan, vitamin C dan seng yang dapat mengurangi ketombe. Bahan-bahan ini dikenal untuk menutrisi dan melembabkan rambut dan kulit kepala, mengurangi peradangan. Hal ini membuat alpukat menjadi pilihan yang baik untuk mencegah dan mengobati ketombe.

Cara mendapatkan khasiat alpukat untuk kesehatan rambut

Mengonsumsi alpukat secara teratur akan membantu kamu mendapatkan berbagai manfaat alpukat untuk rambut yang telah dibahas di atas. Selain itu, buah sehat ini dapat diolah menjadi masker alpukat untuk rambut.

BACA JUGA: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Jarang Orang Ketahui

Kamu juga bisa mengaplikasikan produk yang mengandung ekstrak alpukat, seperti krim alpukat atau minyak alpukat, pada rambut kamu. Jika kamu ingin membuat masker alpukat di rumah, kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Kupas satu buah alpukat matang dan satu buah pisang, lalu tumbuk dengan sendok hingga halus.
  • Campur kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta.
  • Tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menutrisi rambut kamu secukupnya.
  • Oleskan masker alpukat secara merata dari akar hingga ujung rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut.
  • Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air atau sampo seperti biasa.

Sebagai alternatif, minyak atau ekstrak alpukat dapat dioleskan pada rambut atau dicampur dengan kondisioner dan keramas. Manfaat alpukat baik untuk kesehatan rambut, tapi kamu tidak boleh mengandalkan buah ini saja.

Selain mengonsumsi alpukat, kamu perlu merawat rambut secara teratur dengan menggunakan sampo dan kondisioner serta mengonsumsi makanan sehat. Hindari juga stres, merokok, mengepang rambut dengan kencang dan menggunakan alat pengeriting rambut.

Jika metode ini tidak membantu mengatasi masalah rambut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Itulah informasi tentang khasiat buah alpukat untuk kesehatan rambut, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: