Hindari 8 Beauty Hack Ini Jika Wajahmu Nggak Mau Rusak, Salah Satunya Gunakan Pensil Warna sebagai Eyeliner

Hindari 8 Beauty Hack Ini Jika Wajahmu Nggak Mau Rusak, Salah Satunya Gunakan Pensil Warna sebagai Eyeliner

--

DISWAYJATENG - Life hack selalu menjadi perbincangan hangat, terutama ketika berkaitan dengan beauty hack yang menjanjikan tampil cantik dengan bujet minimalis.

Menggunakan alat kecantikan untuk make up sehari-hari memang penting. Namun jangan sampai make up yang kamu gunakan justru menjadi beuaty hack yang akan merusak kulitmu.

Meski terlihat menarik, tidak semua beauty hack cocok untuk semua jenis kulit. Beberapa di antaranya bahkan dapat merusak kulit wajahmu.

Jadi sebelum kamu terjerumus dalam dunia kecantikan yang penuh dengan beauty hack, maka cermatilah dulu apa itu beauty hack dan cara mencegahnya.

1. DIY Scrub dengan Gula, Garam, dan Baking Soda

Menggunakan scrub DIY dengan bahan seperti gula, garam, dan baking soda mungkin terdengar alami dan ekonomis. Sayangnya, penggunaan scrub ini pada wajah dapat membuat kulit menjadi kasar.

BACA JUGA: Mengungkap Keajaiban Beauty Sleep, Rahasia Kecantikan Kulit yang Sehat dan Awet Muda

Sebaliknya, alih-alih menghemat, kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merawat kulit yang kurang sehat akibat penggunaan bahan tersebut.

Sebaiknya, pilihlah produk scrub yang dirancang khusus untuk kulit wajahmu. Mungkin lebih mahal, tapi hasilnya akan membuatmu puas tanpa menyesal.

2. Pasta Gigi untuk Mengatasi Jerawat

Iya, pasta gigi mungkin memberikan sensasi dingin dan terkadang membuat jerawat terlihat kering. Namun, bahan-bahan dalam pasta gigi, seperti baking soda dan peroksida, bisa membuat kulit kering dan kehilangan minyak alaminya.

Pada beberapa jenis kulit, penggunaan pasta gigi dapat menyebabkan iritasi, ruam kemerahan, dan bahkan dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajahmu.

BACA JUGA: 7 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, Sehat dan Cantik Tanpa Modal yang Besar

Sensasi dingin dari penggunaan pasta gigi ini tidak selalu berarti jerawat langsung mereda, jadi lebih baik hindari penggunaan pasta gigi di wajah.

3. Hairspray sebagai Makeup Setting Spray

Meskipun terdengar asing di telingamu, namun fakta ini benar adanya. Mengaplikasikan hairspray sebagai pengganti makeup setting spray mungkin terdengar cerdas, tapi sebenarnya, ini hanya akan membuat kulit kering, iritasi, dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Lebih baik menggunakan setting spray yang memang dirancang untuk kulit wajahmu. Meskipun memerlukan pengeluaran tambahan, namun kesehatan dan kecantikan kulitmu tidak bisa ditawar.

4. Minyak Kelapa sebagai Pelembap Wajah

Penggunaan minyak kelapa sebagai pelembap wajah mungkin populer, tapi perlu diingat bahwa minyak ini dapat menyumbat pori-pori.

BACA JUGA: Terungkap, Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Berikut Cara Menggunakannya

Jika kulitmu tidak terlalu kering, penggunaan minyak kelapa sebaiknya dibatasi. Lebih baik pilih pelembap wajah yang memiliki kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

5. Deodoran untuk Atasi Wajah Berminyak

Trend menggunakan deodoran sebagai solusi untuk wajah berminyak ternyata tidak begitu bijaksana. Penggunaan deodoran pada wajah dapat menyebabkan iritasi, reaksi alergi, dan timbulnya jerawat.

Deodoran dirancang untuk area ketiak, bukan wajah. Lebih baik pilih produk yang memang ditujukan untuk merawat kulit wajahmu.

Jangan pernah mencoba-coba bahan atau alat kecantikan yang tidak seharusnya diaplikasikan ke wajah. Sebaiknya menggunakan alat kecantikan yang memang sesuai stkamur dan kegunaan.

6. Pensil Warna sebagai Eyeliner

Meski ada pensil warna yang aman jika tertelan, sebaiknya hindari penggunaan pensil warna sebagai eyeliner. Meskipun mungkin aman secara kesehatan, namun pensil warna tidak diciptakan untuk diaplikasikan di area kulit.

Lebih baik menggunakan eyeliner yang memang dirancang untuk keamanan dan kenyamanan kulit di sekitar mata. Meskipun beauty hack selalu mengundang rasa penasaran, tetapi bijaklah dalam menerapkannya. Selalu pertimbangkan dampak jangka panjangnya terhadap kulitmu.

Jangan sampai hanya karena alasan hemat, kamu malah menyesal di kemudian hari. Ingat, kesehatan kulit lebih berharga daripada sejumlah uang yang mungkin bisa dihemat. Jadi, tetap cantik dengan bijak, ya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: