Selain Mencerahkan Kulit, Ini 7 Manfaat Masker Alami dari Lemon dan Madu yang Jarang Diketahui

Selain Mencerahkan Kulit, Ini 7 Manfaat Masker Alami dari Lemon dan Madu yang Jarang Diketahui

Manfaat masker lemon dan madu-Suara.com-

DISWAYJATENG - Manfaat masker alami dari lemon dan madu bisa jadi alternatif untuk merawat kulit, terutama bagi wanita. Manfaat masker alami juga memiliki khasiat sebagai obat dan merawat kecantikan.

Bahan-bahan alami lebih disukai karena tidak memiliki banyak efek samping. Manfaat masker alami lemon dan madu ini tidak akan menyebabkan iritasi atau efek samping, karena bahannya yang alami dan tergolong aman.

Jika kamu sedang mencari manfaat masker alami, kamu dapat menggunakan lemon dan madu. Lemon memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, salah satunya vitamin C, asam buah alami.

BACA JUGA: Berikut 5 Rekomendasi Masker Alami untuk Mengatasi Keriput Pada Kulit, Salah Satunya Masker Beras

Manfaat masker alami lemon dan madu

Manfaat masker alami ini merupakan pembersih antioksidan dan dapat mengurangi kerusakan kulit. Namun, asam yang terkandung dalam lemon sangat menyengat. Karena itu, jangan terlalu sering menggunakannya, karena dapat membakar kulit dan menyebabkan iritasi, terutama pada area wajah yang sensitif.

Madu dikenal di seluruh dunia karena khasiatnya untuk meremajakan kulit. Madu memiliki sifat antibakteri alami dan memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jadi apa saja manfaat masker alami dari lemon dan madu untuk wajah? Simak ulasan di bawah ini yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Atasi Kerutan di Wajah dengan Menggunakan Masker Alami dari Kopi, Selain Glowing Juga Bisa Cegah Penuaan

1. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah bebas jerawat? Lemon dan madu mungkin bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Manfaat masker alami ini mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat jerawat dan penuaan dini. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada madu, campuran kedua bahan ini bisa menjadi perawatan wajah yang aman dan efektif.

2. Mengurangi Irritasi Kulit

Sifat asam lemon yang memiliki tingkat pH tinggi dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, lemon juga dapat mengurangi peradangan pada kulit, mengurangi kemerahan, dan iritasi.

BACA JUGA: Mau Wajah Kencang Seketika? Coba Pakai Masker Alami Oatmel dan Madu yang Efektif untuk Atasi Kerutan

Sementara itu, senyawa flavonoid dan polifenol dalam madu bertindak sebagai antioksidan yang membantu mengurangi aktivitas senyawa inflamasi pada kulit, menjadikannya lebih lembut dan bebas iritasi.

3. Anti Jamur

Tidak hanya pada bagian tubuh lainnya, jamur juga dapat tumbuh di wajah. Jus lemon mengandung sifat antijamur yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Campurannya dengan madu alami dapat menjadi pelembab alami yang juga melindungi kulit dari bakteri dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

BACA JUGA: Tips Memutihkan Wajah dan Mencegah Kerutan dengan 3 Bahan Masker Alami

4. Mencerahkan Kulit

Kandungan asam pada lemon punya manfaat alami untuk mencerahkan kulit dan mengurangi bintik-bintik penuaan, dan bekas jerawat.

Sementara itu, enzim alami dalam madu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bersinar secara alami.

5. Mencerahkan Bibir

Tidak hanya wajah, lemon dan madu juga bisa menjadi solusi untuk mencerahkan bibir yang gelap. Scrub bibir dengan campuran lemon dan madu dapat membantu menghilangkan noda dan membuat bibir terlihat lebih cerah serta lembut.

BACA JUGA: 8 Manfaat Masker Alami Seperti Campuran Kopi dan Minyak Zaitun untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

6. Mengurangi Kerutan Wajah

Kerutan adalah tanda penuaan yang umum terjadi. Namun, campuran air lemon dan madu dapat membantu mengurangi kerutan dini.

Terutama saat diterapkan di bawah mata, campuran ini dapat memberikan efek yang menenangkan dan mengurangi kerutan. Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan sedikit minyak almond ke dalam campuran tersebut.

7. Membuat Kulit Lebih Lembut

Madu yang kaya akan sifat pelembab alami bisa membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Ketika digabungkan dengan sari lemon, keduanya memberikan efek yang melembutkan dan menyegarkan pada kulit.

BACA JUGA: Rahasia Kecantikan Tersembunyi Kulit Wajah Lebih Muda dari Usianya, Cukup Pakai Masker Alami Sayuran

Diamkan campuran tersebut pada wajah selama 30 menit sebelum dibilas untuk mendapatkan kulit yang lebih lembut dan bercahaya.

Itu dia beberapa manfaat masker alami dari lemon dan madu. Kamu bisa mencampurkan kedua bahan alami itu dalam satu wadah dan aplikasikan pada area yang ingin kamu rawat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: