7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata, Cocok untuk Pemula yang Masih Doyan Begadang

7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata, Cocok untuk Pemula yang Masih Doyan Begadang

Menghilangkan kerutan di bawah mata dengan mengurangi kebiasaan MEROKOK--Sumber gambar: Just About Skin

DISWAY JATENGKerutan di bawah mata adalah salah satu tanda penuaan kulit, kondisi terjadi karena hilangnya elastisitas kulit akibat bertambahnya usia. Selain itu, paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga konsumsi makanan yang tidak tepat juga menjadi penyebab kerutan.

Tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa tips menghilangkan kerutan di bawah mata agar wajah tetap tampak awet muda. Sebelum mencobanya, ada baiknya Anda mengetahui penyebab yang mendasarinya.

Munculnya kerutan dapat disebabkan oleh faktor usia, penuaan, atau genetik tidak bisa dikontrol sehingga lebih sulit untuk diatasi. Jika penyebab kerutan di bawah mata dikarenakan faktor lain, seperti kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, atau gerakan wajah yang berulang-ulang.

Terdapat beberapa cara mengatasi kerutan di bawah mata yang dapat Anda coba.

BACA JUGA: Rekomendasi Masker Alami untuk Atasi Keriput di Bawah Mata, Jangan Ragu untuk Mencoba

1. Menggunakan Krim Mata

Anda dapat mengoleskan krim mata pada malam hari sebelum tidur untuk membantu menghilangkan kerutan di bawah mata. Namun perhatikan kandungan di dalam krim, pilihlah krim yang berlabel hypoallergenic dan tidak rentan menyebabkan iritasi.

Disarankan untuk memilih krim mata yang mengandung retinol atau retinoid, vitamin C, peptida, dan asam hialuronat. Beberapa kandungan tersebut bermanfaat merangsang regenerasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Menggunakan Pelembap

Kulit yang kering cenderung akan meningkatkan risiko munculnya garis-garis halus di area mata. Aplikasikan jenis pelembap yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

BACA JUGA: 7 Masker Alami Mengatasi Kerutan di Wajah, Kamu Wajib Coba

3. Melakukan Eksfoliasi Lembut di Area Mata

Eksfoliasi adalah perawatan wajah yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan menggunakan produk yang dirancang khusus untuk area bawah mata mengingat area mata lebih sensitif.

Selain itu, tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi fisik dengan cara menggosok karena dapat meningkatkan kerutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: