Punya Keluhan Jerawat Batu? Inilah Ciri, Penyebab, Cara Mencegah dan 4 Tips untuk Mengatasinya

Punya Keluhan Jerawat Batu? Inilah Ciri, Penyebab, Cara Mencegah dan 4 Tips untuk Mengatasinya

Ciri, Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Batu-Orami.id-

 

Jerawat batu muncul akibat bakteri, minyak, atau sel kulit mati yang terjebak di pori-pori kulit. Saat bakteri menginfeksi area yang berada jauh di bawah permukaan kulit, jerawat batu pun bermunculan. Beberapa faktor yang dapat memicu munculnya jerawat batu:

 

- Hormon Androgen yang Tidak Seimbang

 

Terutama pada remaja, hormon androgen yang meningkat dapat menyebabkan perubahan pada kulit, membuat pori-pori tersumbat, dan jerawat batu pun bermunculan.

 

- Kondisi Khusus Tubuh

 

Seperti kehamilan, siklus menstruasi, menopause, sindrom polikistik ovarium (PCOS), penggunaan obat-obatan tertentu, peningkatan hormon testosteron, konsumsi makanan pedas dan manis, hingga faktor keturunan dapat memicu kemunculan jerawat batu.

BACA JUGA:8 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dengan Menggunakan Maker Teh Celup, Salah Satunya Bisa Atasi Jerawat

 

Mengatasi Jerawat Batu: Langkah Tepat dan Santai

 

Jerawat batu memang seringkali membandel dan sulit dihilangkan. Namun, dengan langkah-langkah tepat, kamu bisa mengatasinya dengan santai tanpa stres berlebihan.

 

Berikut beberapa cara untuk mengatasi jerawat batu.

 

1. Konsultasi ke Dokter

 

Jerawat batu seringkali membutuhkan penanganan khusus. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan dan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

 

2. Penggunaan Obat-Oles

 

Dokter biasanya akan meresepkan obat oles seperti retinoid, antibiotik, dapsone, dan asam salisilat untuk membantu mengatasi jerawat batu.

 

3. Pemberian Obat Minum

 

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat minum seperti antibiotik, kombinasi pil kontrasepsi, dan isotretinoin untuk mengatasi jerawat batu dari dalam.

BACA JUGA:Tidak Perlu Mahal! 6 Bahan Alami Ini Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

 

4. Terapi Khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: