Inilah 7 Tips dan Syarat agar Kredit Mobil Langsung Disetujui, dan Tidak Terlilit Hutang

Inilah 7 Tips dan Syarat agar Kredit Mobil Langsung Disetujui, dan Tidak Terlilit Hutang

tips kredit mobil disetujui--foto aturpundi.com

3. Lengkapi dokumen kredit

Hal paling utama yang harus dipenuhi adalah melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit. Setiap bank atau perusahaan leasing tentu memiliki kebijakan masing-masing mengenai dokumen persyaratan kredit. Namun, ada beberapa dokumen yang sudah pasti dibutuhkan sebagai persyaratan, yaitu: 

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kartu Keluarga
  • Slip Gaji
  • Rekening Koran
  • Surat Keterangan Domisili
  • SIUP/TDP (Bagi pengusaha) 

Pastikan kalian sudah melengkapi semua dokumen kredit yang diminta oleh pihak leasing sebelum mengajukan permohonan kredit mobil agar disetujui. 

4. Pertimbangkan batas usia pengajuan 

Ada batasan usia pemohon kredit yang menjadi pertimbangan bagi pihak leasing. Orang-orang yang usianya mendekati 55 tahun cenderung lebih susah mendapat persetujuan kredit. Pasalnya, sebagian besar perusahaan menganggap 55 tahun adalah usia memasuki masa pensiun. Yang artinya, di usia tersebut mungkin sebagian orang tidak lagi memiliki penghasilan tetap. 

Sementara orang yang usianya sekitar 20-40 tahun memiliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh persetujuan kredit karena usianya dianggap masih produktif untuk bekerja. 

5. Rekening pribadi yang sehat

BACA JUGA:Cara Kredit Mobil di Bank Mandiri Melalui MOAS, Miliki Mobil Impianmu dengan Proses Tanpa Ribet!

Cara agar kredit mobil disetujui bisa dimulai dari menggunakan rekening bank secara sehat. Artinya, rekening tersebut tidak pasif dan selalu ada sumber dana yang keluar-masuk. 

Jika rekening terlalu pasif alias tidak ada uang yang keluar dan masuk, maka pihak leasing akan menganggap kalian kurang layak dalam membeli mobil secara kredit. 

6. Pertimbangkan jumlah DP

Uang muka alias down payment (DP) cukup memiliki pengaruh atas diterima atau ditolaknya pengajuan kredit. Ada yang berpendapat bahwa semakin besar DP yang diberikan, maka semakin besar pula peluang kredit disetujui. 

Sederhananya, secara tidak langsung nominal DP yang cukup besar akan menunjukkan keseriusan kalian untuk membeli mobil secara kredit agar disetujui

7. Survey tepat waktu

Sebelum memutuskan untuk memberikan pembiayaan terhadap pembelian mobil, pihak bank atau leasing akan mengutus surveyor guna memastikan kelayakan calon nasabahnya. Biasanya, pihak surveyor ini akan menghubungi kalian terlebih dahulu untuk membuat janji temu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: