Tips Memilih Pinjol yang Aman agar Cepat Disetujui

Tips Memilih Pinjol yang Aman agar Cepat Disetujui

apakah bisa mengajukan pinjol tanpa ktp--foto jalan tikus

DISWAY JATENG - Untuk aplikasi pinjaman online atau pinjol yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KTP dan foto selfie merupakan persyaratan utama untuk mengajukan kredit.

Jadi, boleh dibilang kalau saat ini hampir mustahil mengajukan pinjaman online tanpa KTP.  KTP menjadi persyaratan penting untuk meyakinkan pihak bank supaya memberikan pinjaman. Bank tidak perlu khawatir soal KTP dan foto selfie selama pengajuan dilakukan ke pinjol yang terdaftar di OJK. Karena pinjol tersebut diawasi ketat oleh OJK, termasuk soal penggunaan data pribadi nasabah. 

Ternyata masih banyak orang yang kurang nyaman ketika harus menyerahkan KTP dan foto selfie dalam proses pengajuan kredit. Apalagi akhir-akhir ini muncul berita soal kebocoran data di internet. Itu sebabnya, banyak juga yang mencari tahu apakah bisa mendapat pinjaman online tanpa KTP. 

Apakah Bisa Melakukan Pinjaman Online Tanpa KTP?

Sejauh ini, jika kalian hendak memproses pinjaman dana menggunakan aplikasi online harus menggunakan KTP dan foto selfie. Namun, terkadang peminjam merasa ragu dengan jaminan KTP tersebut. Pasalnya, peminjam merasa takut jika suatu saat identitasnya tersebar dan digunakan sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:5 Pinjol Tanpa KTP Langsung Cair ke E-Wallet Terbaru 2024, Berikut Trik Pengajuan Pinjamannya Agar Disetujui

Selain itu, pihak perusahaan diwajibkan mencantumkan kebijakan privasi dalam situs resminya. Isi kebijakan privasi tersebut salah satunya tentang penggunaan dan penyimpanan data nasabah. Pihak perusahaan juga wajib lolos audit ISO (International Organization for Standardization) soal keamanan data. 

Jadi, untuk mengajukan kredit harus menyertakan KTP supaya dana bisa dicairkan. Bahkan pinjol bisa cair hanya dalam hitungan menit. Untuk pinjol kedua dan seterusnya tidak perlu melampirkan KTP lagi, karena KTP sudah terlampir saat pinjaman pertama dilakukan. 

Bagaimana Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman?

1. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Bank perlu mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan, jangan sampai melebihi dari batas kemampuan keuangan. Karena nanti kalian akan mengalami kesulitan dalam pelunasannya. Jadi, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan kredit, supaya tidak terjadi galbay atau gagal bayar di kemudian hari.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Pinjol

Setelah mengecek legalitas pinjol, kalian perlu memahami syarat dan ketentuan yang ditawarkan. Syarat dan ketentuan ini tertera pada aplikasi pinjol. Sayangnya, terkadang peminjam mengabaikan hal ini karena bacaannya lumayan banyak. 

BACA JUGA:10 Daftar Aplikasi Pinjol Tanpa KTP Resmi OJK Terbaru 2024, Cuma 5 Menit Langsung Cair

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: