Tak Cuma Jadi Pelengkap Minuman, Ini Dia 7 Manfaat Biji Selasih yang Sangat Penting Untuk Kesehatan

Tak Cuma Jadi Pelengkap Minuman, Ini Dia 7 Manfaat Biji Selasih yang Sangat Penting Untuk Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Biji Selasih --pinterest

DISWAYJATENG.ID - Biji selasih dan chia seed terkadang dianggap sama, padahal jelas berbeda. Biji selasih didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan daun kemangi.

Biji-bijian ini akan mengembang dan terasa kenyal setelah dicampur air.

Chia seed atau biji chia kaya akan kandungan serat, asam lemak omega-3, protein, mineral, dan antioksidan. Nah, jumlah berbagai kandungan tersebut mirip seperti yang terdapat di dalam biji selasih.

Biji selasih kerap disajikan dalam berbagai menu minuman. Apa saja manfaat biji selasih untuk kesehatan?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat biji selasih untuk kesehatan:

1. Sumber Serat

Biji selasih mengandung serat larut dan tidak larut yang bermanfaat bagi pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan usus dengan beberapa cara.

Serat larut membentuk gel saat dicerna, yang membantu melambatkan penyerapan gula dan menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, serat larut juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dengan mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Serat tidak larut membantu meringankan sembelit dan memfasilitasi gerakan usus yang sehat.

2. Kaya Antioksidan

Biji selasih mengandung antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan asam fenolat. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kerusakan oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan gangguan lainnya.

Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti biji selasih, Anda dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Hindari Begadang! 8 Manfaat Tidur Lebih Awal Bagi Kesehatan, Bikin Badan Segar Pas Bangun Pagi

3. Menyokong Kardiovaskular

Biji selasih dapat memberikan dukungan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan serat dalam biji selasih dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Serat larut membantu mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Selain itu, biji selasih mengandung omega-3 asam lemak, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengatur tekanan darah. Ini adalah faktor penting dalam menjaga fungsi kardiovaskular yang baik.

4. Potensi Antiinflamasi

Biji selasih mengandung senyawa-senyawa seperti asam lemak omega-3 dan polifenol, yang memiliki sifat antiinflamasi.

Ini berarti bahwa biji selasih dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat berkontribusi terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa antiinflamasi, seperti biji selasih, Anda dapat membantu menjaga tubuh Anda dalam keadaan yang lebih seimbang dan mencegah peradangan berlebih.

5. Sumber Asam Lemak Omega-3

Biji selasih mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal sebagai lemak sehat. Omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

Senyawa ini membantu menjaga kestabilan membran sel, mempromosikan komunikasi sel-sel saraf, dan mendukung fungsi kognitif yang baik.

Omega-3 juga memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membantu mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

BACA JUGA:Waspada Jika Sering Kesemutan! 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Sensasi Kesemutan, Salah Satunya Diabetes

6. Meningkatkan Imunitas

Biji selasih mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Vitamin dan mineral ini, seperti vitamin C, vitamin E, dan selenium, memiliki peran dalam memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Dengan mengonsumsi biji selasih, Anda dapat membantu memastikan bahwa tubuh memiliki sumber nutrisi yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tetap kuat.

7. Mengandung Mineral Penting

Biji selasih mengandung beberapa mineral penting, termasuk magnesium, kalsium, dan fosfor. Mineral-mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan fungsi tubuh yang optimal.

Kalsium dan fosfor, misalnya, adalah komponen utama dari tulang dan gigi, sementara magnesium mendukung fungsi otot dan saraf serta menjaga ritme jantung yang sehat.

Memiliki pasokan mineral yang cukup dalam makanan seperti biji selasih dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sistem tubuh yang penting.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber