Inilah 7 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Yang Baik Untuk Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Yang Baik Untuk Kesehatan

Air rebusan kacang hijau --by.cookpad.com

Tidak hanya bagi pria saja, kandungan asam folat dan omega tiga mampu menekan ovulasi sehingga bisa meningkatkan kesuburan pada wanita. 

Sehingga, manfaat air rebusan kacang hijau juga bagus untuk promil. Bila kamu ingin mendapat manfaat yang lebih banyak, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang hijaunya juga, ya!

3. Kandungan asam folat pada air rebusan kacang hijau bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan membantu pembentukan otak janin

Manfaat air rebusan kacang hijau bagi ibu hamil bisa didapat dari kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Asam folat dapat membantu pembentukan otak dan sel saraf pada janin. Sehingga, janin dapat tumbuh dengan baik dan mencegah terjadinya komplikasi saat kelahiran.

4. Air rebusan kacang hijau dapat membantu meredakan gejala asam lambung dan baik untuk pencernaan

Manfaat air rebusan kacang hijau bisa membantu meredakan gejala asam lambung sebab kandungan pektinnya mampu menetralkan tingkat asam yang tinggi. 

Selain itu, sebagai serat pangan yang larut dalam air, pektin pada air rebusan kacang hijau juga dapat mencegah perut kembung dan begah karena membantu pergerakan makanan saat melewati usus. Sehingga, mengonsumsi air rebusan kacang hijau juga baik untuk pencernaan.

5. Kandungan glikemik yang rendah pada air rebusan kacang hijau sangat baik dikonsumsi penderita diabetes

Olahan kacang hijau biasanya bersifat manis sehingga kurang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, nutrisi kacang hijau tetap bisa didapat dengan cara mengonsumsi air rebusannya tanpa tambahan gula.

Kacang hijau memiliki kadungan glikemik yang rendah, sehingga bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah sesuai kebutuhan tubuh.

BACA JUGA: Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

6. Air rebusan kacang hijau mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, bagus untuk mencegah anemia

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk anemia didapat sebab kandungan zat besi pada kacang hijau cukup tinggi. Kondisi anemia terjadi karena hemoglobin rendah sehingga tidak bisa mengikat oksigen.

Mengonsumsi air rebusan kacang hijau yang tinggi zat besi bisa membantu mengembalikan kadar hemoglobin sehingga sel darah merah bisa mengikat oksigen dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan kacang hijau 3 kali seminggu untuk mecegah anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hipwee.com