Jarang Yang Tahu, Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Yang Tahu, Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang hijau--by.Stikes Banyuwangi

DISWAY JATENG.ID - Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh hampir di semua tempat di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kacang hijau ini menempati posisi konsumsi yang penting dan merupakan sumber gizi yang baik. Kacang hijau ini tinggi akan protein serta rendah lemak jenuh, rendah sodium, dan mengandung antioksidan. 

Menurut Mustakim (2014), lebih dari 65% kebutuhan protein dan 80% kebutuhan energi dalam pola makan penduduk pada negara-negara sedang berkembang, dipenuhi oleh sumber pangan nabati. Kacang hijau sangat mudah dijumpai di berbagai tempat seperti pasar, warung kecil, hingga swalayan. 

Pertumbuhan tanaman kacang hijau yang tidak mengenal musim serta berbagai varietas yang ada membuat kacang hijau menjadi bahan makanan yang mudah didapat. Kacang hijau mempunyai sejumlah khasiat untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. 

Adapun manfaat kacang hijau antara lain bisa memperlancar saluran pencernaan, memiliki efek detoksifikasi, menurunkan berat badan,  menguatkan imunitas tubuh, berperan dalam pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, menyehatkan tulang dan gigi, mengurangi risiko kanker serta dapat mengobati penyakit beri-beri. 

BACA JUGA: Inilah 7 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Yang Baik Untuk Kesehatan

Jarang Yang Tahu, Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah berbagai manfaat kacang hijau antara lain :

1. Mencegah sembelit

Sembelit ini termasuk salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh individu. Untuk mengatasi dan sekaligus mencegah sembelit, perlu memberikan asupan serat yang cukup. 

Serat bisa melancarkan proses pencernaan dengan membantu meningkatkan jumlah air di usus. Dengan begitu, tinja yang dibentuk dalam usus akan bertekstur lebih lunak, sehingga buang air besar akan lancar. 

Selain mengonsumsi serat, mencukupi cairan setiap hari dengan konsumsi air putih juga perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari sembelit.

2. Meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan

Serat juga berperan sangat penting untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bukan hanya bisa menjaga kesehatan saluran cerna, namun, juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Berperan sebagai prebiotik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by. yankes.kemkes.go.id