Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

Manfaat Jahe Merah --by.bukalapak

DISWAY JATENG.ID - Jahe merupakan tanaman rempah yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas. Tidak hanya digunakan untuk menyedapkan masakan saja, tetapi juga berkhasiat sebagai minuman untuk menghangatkan badan. Salah satu jenisnya yaitu jahe merah. 

Jahe merah ini  mempunyai nama latin, yaitu Zingiber officinale var rubrum rhizoma. Ini merupakan tanaman rimpang yang mengandung zat gingerol dan shogaol. Keduanya adalah kandungan yang berperan sebagai antioksidan.

Apa sih Perbedaan Jahe Merah dengan Jahe Biasa?

Perbedaan kedua jenis jahe ini terletak pada warna dan rasanya. Bila dilihat dari luar, sekilas mirip dengan lengkuas merah. Karena warnanya merah muda sedikit kecoklatan pada bagian dalam. Dan Kulit luarnya juga lebih tipis.

Jahe merah ini umumnya dipakai dalam masakan dan minuman tradisional di Indonesia, khususnya khas Jawa. Contohnya, wedang jahe. Sementara jahe putih biasa lebih umumnya dipakai sebagai bumbu pada masakan Asia.

Walaupun sedikit berbeda, kedua jenis jahe ini mempunyai manfaat kesehatan yang serupa. Manfaatnya ini mulai dari membantu meredakan mual dan muntah, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA: 5 Khasiat Jahe Merah yang Baik bagi Tubuh, Nomor 2 Sangat Bagus bagi Penderita Pencernaan

Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaan Jahe Merah dan Jahe Biasa?

Jahe merah memiliki berbagai manfaat dan keistimewaan untuk kesehatan tubuh, Misalnya: 

1. Meningkatkan stamina

Untuk bisa membantu meningkatkan stamina tubuh, jenis jahe ini bekerja dengan mengurangi tingkat tekanan darah dan meningkatkan alirannya. Aliran darah yang lancar bisa memaksimalkan kinerja sel-sel dan jaringan, serta stamina tubuh.

2. Menghambat jamur 

Manfaat yang ini terjadi berkat kandungan limonene dalam jahe merah. Nutrisi tersebut bekerja dengan menghambat atau menekan pertumbuhan jamur Candida albicans. Ini adalah patogen penyebab infeksi jamur pada area kulit. 

3. Pereda rasa sakit 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.halodoc.com