5 Khasiat Jahe Merah yang Baik bagi Tubuh, Nomor 2 Sangat Bagus bagi Penderita Pencernaan

5 Khasiat Jahe Merah yang Baik bagi Tubuh, Nomor 2 Sangat Bagus bagi Penderita Pencernaan

Khasiat jahe merah--by.chatnews

DISWAY JATENG.ID – Tanaman yang ada di Indonesia memang beraneka ragam, dengan kekayaan alam terutama rempah-rempahnya. Berbicara soal jahe, tanaman herbal ini tidak hanya rempahnya yang berfungsi  sebagai bumbu masakan dan penghangat tubuh saja.

Dengan rutin mengonsumsinya ini  dapat  memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe mempunyai  nama latin Zingiber officinale. Tanaman herbal ini masih termasuk ke dalam anggota Zingiberaceae. Dengan kata lain, masih satu famili dengan kencur, kunyit, dan lengkuas. 

Di dalamnya juga  mengandung nutrisi baik, seperti serat, protein, kalori, dan berbagai jenis vitamin. Manfaatnya mulai dari meredakan nyeri haid, meningkatkan fungsi otak, sampai meringankan gejala arthritis. jahe juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting.

Di antaranya zat besi, magnesium, fosfor, zinc, dan vitamin B2, B3, B6, serta C. Tetapi, nilai dalam kandungan dapat  saja berubah. Ini  tergantung dari cara mengolah dan penambahan bahan-bahan lain selama proses memasaknya  berlangsung.

BACA JUGA: Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Jahe Merah yang Baik bagi Tubuh, Nomor 2 Sangat Bagus bagi penderita Pencernaan

Berikut ini khasiat jahe merah yang bagus untuk tubuh :

1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Sebelumnya pernah dijelaskan  bahwa jahe merah memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi bakteri dan virus. Sehingga, dari manfaat ini, daya tahan tubuh juga akan lebih kuat. Ekstraksi jahe merah mempunyai efek antiradang dan pereda demam alami.

2. Mengobati Masalah Pencernaan

Khasiat jahe merah untuk mengatasi masalah pencernaan sudah diyakini sejak generasi terdahulu. Sejak dulu, jahe telah dipercaya untuk memperlancar sekaligus mencegah berbagai masalah pencernaan. 

Tanaman herbal ini bisa meningkatkan kecepatan pencernaan sehingga masalah gangguan pencernaan dapat terminimalisir.  Ekstrak minyak jahe merah ini bisa melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat, seperti E.coli dan Salmonella enteritidis, sehingga mencegah terjadinya masalah pencernaan.

3. Mengurangi Rasa Mual

Tidak hanya mengatasi masalah pencernaan, namun ekstrak jahe merah juga bisa  mengurangi rasa mual akibat kondisi tertentu, seperti mabuk perjalanan atau morning sickness.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siloamhospital.com