Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

Jahe merah--by.Lazada

DISWAYJATENG.ID- Indonesia kaya akan rempah-rempahnya yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita. Dan salah satu diantaranya adalah kandungan manfaat minum jahe yang banyak sekali.

Selain untuk menghangatkan badan jahe juga baik sekali untuk meredakan tenggerokan yang lagi serak – serak. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu? Marilah kita simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Kandungan Baik dalam Jahe Merah 

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang terkenal dengan banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh. Anda pastinya sudah tidak asing dengan tanaman ini bukan? Jahe sendiri mempunyai beberapa jenis, salah satunya jahe merah.

Ciri khas dari jahe merah yaitu memiliki kulit rimpang berwarna hijau yang kemerahan. Bila dibandingkan dengan jahe biasa, rasanya lebih pahit dan pedas.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Sering Minum Air Rebusan Jahe Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

Simak ya, sebagian besar kandungan jahe merah itu baik untuk dikonsumsi tubuh. Di antaranya yaitu minyak atsiri atau esensial dan senyawa bioaktif yang cukup beragam seperti, shogaols, paradols dan gingerol.

Senyawa-senyawa ini cukup aktif berperan sebagai anti radang, anti kanker, dan anti jamur. Selain itu, jahe mengandung zat yang mampu meredakan demam dan nyeri secara alami. Lalu, apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh? 

Tentunya cukup beragam, berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Menurunkan Glukosa Darah dan Kolesterol

Dalam penelitian menunjukkan bahwa khasiat jahe merah apabila rutin dikonsumsi maka akan mampu menurunkan glukosa darah secara signifikan (tentu saja jika meminumnya tanpa menggunakan gula berlebih).

Kandungan dalam jahe ini mampu menurunkan trigliserida, kolesterol LDL (lemak jahat) sekaligus meningkatkan lemak baik (HLD). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah dosis tinggi (5 gram per hari) bisa menurunkan kadar LDL bila dikonsumsi setidaknya selama 4 hari. 

2. Anti Penuaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.siloamhospital.com