Inilah Manfaat Sering Minum Air Rebusan Jahe Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Inilah Manfaat Sering Minum Air Rebusan Jahe Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Ilustrasi manfaat air rebusan jahe--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jahe merupakan tanaman yang berasal dari benua Asia. Diketahui, bahwa jahe telah lama digunakan dalam dunia masakan sebagai rempah dan juga pengobatan tradisional.

Selama berabad-abad, jahe telah menjadi tanaman yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh manusia, seperti mual, batuk, pilek, arthritis, dan memiliki sifat anti-inflamasi, serta antioksida n.

Di Indonesia, minuman yang terkenal dari rempah ini adalah wedang jahe atau teh jahe. Teh jahe menjadi ramuan herbal tradisional yang menghangatkan dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar manfaat air rebusan jahe bagi kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe mengandung senyawa-senyawa seperti gingerol, shogaol, dan zingerone yang memiliki sifat antioksidan.

Senyawa-senyawa ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

2. Meredakan gejala pilek, batuk, dan flu

Jahe memiliki sifat antiviral dan antiinflamasi. Senyawa gingerol dalam jahe dapat membantu melawan virus-virus tertentu yang menyebabkan pilek dan flu.

Selain itu, sifat antiinflamasi jahe membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan, sehingga mengurangi gejala seperti batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

Dalam kasus gejala pilek dan flu, minum rebusan jahe dapat memberikan efek menghangatkan tubuh dan membantu mengatasi gejala yang tidak nyaman.

3. Meringankan masalah pencernaan

Jahe memiliki sifat antispasmodik, yang berarti senyawa-senyawa aktif dalam jahe dapat membantu meredakan otot-otot saluran pencernaan yang tegang.

Ini berarti jahe dapat membantu mengurangi kram dan perasaan tidak nyaman yang terkait dengan masalah pencernaan, seperti mual, muntah, kembung, atau perut kembung.

Kandungan senyawa seperti gingerol dalam jahe dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan aliran empedu, yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan.

Jahe juga dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan mengurangi reaksi peradangan yang mungkin menyebabkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Terong Ungu: Sayuran dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Stroke

4. Menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah

Salah satu karakteristik khas dari jahe adalah efek menghangatkan tubuh.

Ketika Anda minum rebusan jahe, senyawa-senyawa aktif seperti gingerol dan zingiberene dalam jahe akan bekerja untuk meningkatkan suhu tubuh Anda secara ringan.

Hal ini membantu merangsang sirkulasi darah, yang artinya darah dapat mengalir lebih baik ke seluruh tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dengan sirkulasi yang baik, nutrisi dan oksigen dapat didistribusikan dengan lebih efisien ke seluruh organ dan jaringan tubuh.

Selain itu, menghangatkan tubuh juga dapat membantu meredakan kaku atau nyeri otot, serta membuat Anda merasa lebih rileks.

5. Meringankan nyeri sendi dan otot

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik, yang dapat membantu meredakan nyeri pada sendi dan otot.

Senyawa-senyawa seperti gingerol dan zingibain dalam jahe memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Nyeri sendi dan otot sering kali terkait dengan kondisi seperti arthritis, rheumatoid arthritis, atau cedera olahraga.

Minum rebusan jahe secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi dan otot, sehingga dapat mengurangi intensitas dan frekuensi nyeri yang Anda rasakan.

Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terpengaruh, yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada sendi dan otot.

6. Mengurangi stres dan kecemasan

Jahe memiliki beberapa sifat yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Senyawa-senyawa aktif dalam jahe memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, sehingga dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan suasana hati.

Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus pikiran, sehingga dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kewaspadaan mental.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber