Minuman Tradisional Khas Jawa Tengah, Sehat dan Kaya Manfaat serta Menggugah Selera

Minuman Tradisional Khas Jawa Tengah, Sehat dan Kaya Manfaat serta Menggugah Selera

Minuman tradisional khas Jawa Tengah-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya, tradisi, dan kulinernya. Selain makanan, ada juga ragam minuman tradisional khas Jawa Tengah yang menggugah selera. Dari bahan alami hingga cara penyajiannya yang unik

Minuman tradisional khas Jawa Tengah menawarkan beragam rasa dan khasiat yang membawa cerita tentang kearifan lokal dan kekayaan alam. Dari aroma rempah-rempah yang membangkitkan kenangan hingga sensasi hangat yang memeluk dalam dinginnya cuaca.

Minuman tradisional khas Jawa Tengah sangat beragam. Minuman khas Jawa Tengah sendiri umumnya mengandung banyak rempah-rempah yang menyehatkan. Di samping itu, juga ada hidangan menyegarkan dan manis yang cocok untuk melepas dahaga.

BACA JUGA: 5 Minuman Unik Khas Jawa Tengah Ini Terkenal dengan Kelezatannya, Apa Saja?

Nah, dalam ulasan ini akan membahas tentang minuman tradisional khas Jawa Tengah Selain sehat juga kaya akan nikmat. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

Deretan minuman khas Jawa Tengah yang banyak khasiatnya

1. Wedang Jahe

Wedang jahe mungkin jadi salah satu jenis atau varian wedang yang paling populer di kalangan masyarakat. Minuman khas Jawa Tengah ini merupakan minuman sederhana tapi banyak manfaatnya.

Terbuat dari air rebusan jahe yang diberi gula, minuman ini punya sensasi rasa hangat dan sedikit pedas. Minuman ini bisa dinikmati untuk mengatasi masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh, apalagi kalau diminum pada malam hari atau saat cuaca lagi dingin.

BACA JUGA: 10 Minuman Penambah Darah Sebagai Alternatif Mengatasi Anemia

2. Wedang Ronde

Minuman khas Jawa Tengah satu ini merupakan minuman adaptasi dari kuliner Tiongkok, yaitu tang yuan. Wedang ronde adalah minuman tradisional yang terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang yang disajikan dalam kuah jahe hangat.

Minuman ini memberikan sensasi hangat dan nyaman pada tubuh, terutama kalau dinikmati di malam hari atau saat cuaca lagi dingin. Jahe yang digunakan dalam minuman ini juga bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam meningkatkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh.

3. Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional herbal yang terdiri dari berbagai bahan dan rempah, kayak jahe, daun cengkeh, kayu secang, dan gula batu. Meski namanya terkesan imut, ternyata artinya cukup mengejutkan.

BACA JUGA: 7 Minuman Penambah Darah, Solusi Mengatasi Anemia dengan Tepat

Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah, tapi kalau dalam konteks minuman ini, istilah satu ini merujuk pada campuran bahan yang terlihat berantakan namun punya banyak khasiat. Minuman dari Jawa Tengah ini dikenal bisa mengatasi masuk angin dan memberikan rasa hangat yang menyegarkan badan.

4. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah yang tidak cuma populer di daerah asalnya aja, tapi juga di berbagai daerah lainnya, termasuk Jakarta. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, kacang hijau, kacang tanah, potongan roti, dan kolang-kaling yang disajikan dalam kuah jahe hangat.

5. Bajigur 

Nikmat diseruput dalam keadaan panas atau hangat, bajigur mengandung rempah yang menyegarkan badan. Di antaranya adalah jahe, santan dan campuran gula dan garam yang membuatnya lebih gurih.

BACA JUGA: 5 Resep Minuman Jus Penambah Darah, Cocok untuk Penderita Anemia

6. Es Dawet Ireng

Minuman khas Jawa Tengah satu ini berasal dari daerah Purworejo. Es dawet ireng merupakan minuman yang terdiri dari cendol hitam yang terbuat dari tepung aren, santan, dan gula merah cair. Es dawet ireng punya warna unik yang menarik perhatian banyak orang, karena cendol yang terdapat dalam minuman ini berwarna hitam.

Warna hitam pada cendol yang digunakan untuk minuman ini berasal dari abu merang, yaitu sejenis abu dari bakaran jerami padi. Meski warnanya terkesan menantang, rasa dari es dawet ireng manis dan gurih.

Minuman ini sangat cocok dinikmati pada siang hari pas cuaca panas terik.

7. Es Gempol Pleret

Es gempol pleret adalah minuman khas Solo yang punya cita rasa segar. Minuman ini terdiri dari gempol (bola-bola tepung beras) dan pleret (pipihan tepung beras) yang disajikan dengan santan dan sirup gula merah.

BACA JUGA: Hindari 5 Makanan dan Minuman ini saat Mengalami Gagal Ginjal, Efeknya Buruk untuk Kesehatan

Minuman khas Jawa Tengah ini punya visual cantik berwarna-warni yang menarik. Kombinasi tekstur kenyal dari gempol dan pleret berpadu dengan rasa manis gurih dari santan dan gula membuat minuman ini jadi favorit orang Solo.

8. Es Cendol Dawet

Minuman khas Jawa Tengah satu ini sering jadi pilihan minuman penyegar di kala musim panas menerjang. Es cendol dawet adalah minuman tradisional yang terdiri dari cendol hijau yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah cair.

Cendol yang digunakan pada miuman ini punya tekstur kenyal dan rasa yang manis. Perpaduan bahan tersebut dengan gurihnya santan membuat minuman ini disukai banyak orang. Minuman segar satu ini terbuat dari air niar kelapa yang disajikan dengan es batu.

Air nira kelapa yang digunakan punya rasa manis alami yang menyegarkan, membuat minuman ini cocok banget dinikmati di siang hari yang panas.

BACA JUGA: 5 Jenis Minuman yang Harus Dihindari untuk Mencegah Anemia, Salah Satunya Minuman Bersoda

Itulah ulasan beberapa minuman tradisional khas Jawa Tengah yang rasanya enak dan sehat wajib banget kamu coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: