10 Minuman Penambah Darah Sebagai Alternatif Mengatasi Anemia

10 Minuman Penambah Darah Sebagai Alternatif Mengatasi Anemia

Minuman penambah darah untuk anemia-Inforadar-

DISWAYJATENG - Pada penderita anemia, biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Namun ada juga minuman penambah darah yang bisa Anda jadikan alternatif.

Mengatasi anemia, tidak hanya dari makanan, ada beberapa minuman penambah darah yang berkhasiat mengatasi anemia.

Anemia adalah suatu kondisi di mana terjadi kekurangan sel darah di dalam tubuh. Kondisi ini juga dikenal sebagai darah rendah dan dapat menyebabkan gejala-gejala seperti lemas, pucat, dan sakit kepala. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, kamu bisa mengkonsumsi minuman penambah darah.

Jadi, minuman penambah darah apa yang dapat Anda minum untuk mengurangi gejala dan mengoptimalkan pengobatan anemia Anda? Berikut ini beberapa di antaranya:

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Obat Penambah Darah saat Mengalami Anemia. Tersedia di Apotek Terdekat

1. Jus jeruk

Minuman penambah darah yang pertama adalah jus jeruk, yang menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dapat membantu mengatasi anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Kandungan 63 miligram asam askorbat atau vitamin C yang terdapat dalam jus jeruk dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga tiga kali lipat.

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Zat ini kemudian digunakan untuk memproduksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Anemia Saat Hamil, Kenali 4 Resikonya Agar Selamat dari Ancaman Komplikasi

Namun, konsumsi jus jeruk harus dibarengi dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, sereal, dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C dalam jeruk membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan ini.

2. Jus stroberi

Stroberi juga kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Jus stroberi adalah minuman yang menyegarkan untuk darah.

Terdapat 60 miligram vitamin C dalam 100 gram stroberi. Jika dikonsumsi bersamaan dengan menu sehat yang mengandung zat besi, tentu akan meminimalisir risiko eksaserbasi anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: