Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Buah kelapa pengganti cairan yang cepat--by.Dulohupa.id

DISWAY JATENG.ID - Apakah Anda sedang berusaha untuk mengisi kembali cairan tubuh setelah latihan. Atau mencoba tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama sakit, pilihan ini akan membantu Anda merasa lebih baik.

Melansir Medline Plus, dehidrasi merupakan kondisi yang disebabkan oleh kehilangan terlalu banyak cairan dari dalam tubuh. Ini terjadi ketika Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang konsumsi, dan tubuh tidak mempunyai cukup cairan untuk bekerja dengan baik.

Dan kondisi ini dapat disebabkan oleh:Beraktivitas,Diare, Muntah, Terlalu banyak mengeluarkan keringat, Terlalu banyak mengeluarkan urine karena sakit atau efek samping mengonsumsi obat-obatan, Demam, Tidak cukup minum.

Inilah beberapa informasi seputar dehidrasi, serta minuman apa saja yang cocok untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Inilah 8 Buah yang Tinggi Kandungan Gulanya, Nomor 6 Banyak yang Suka

Tanda dan Gejala Dehidrasi

Setiap sel, jaringan, dan organ di tubuh, akan membutuhkan air untuk berfungsi. Air ini membantu mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, mengangkut nutrisi, membuang limbah, dan mengedarkan darah.

Maka secara singkatnya, tubuh tidak bisa menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik bila mengalami dehidrasi. Beberapa orang ini lebih rentan terhadap dehidrasi dibandingkan dengan yang lain.

Termasuk anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan kondisi medis tertentu seperti diabetes dan penyakit ginjal. Rasa haus yang meningkat, Mulut kering, Jarang buang air kecil, Kulit kering, Kelelahan, Pusing, dan Sakit kepala.

Mengutip dari Healthline, warna urine ini adalah indikator umum dari status hidrasi. Pada umumnya, semakin pucat warnanya, semakin baik tubuh terhidrasi.

Menurut beberapa penelitian, warna urine bisa berubah sebab alasan selain status hidrasi tubuh, termasuk diet, penggunaan obat-obatan tertentu, dan beberapa kondisi medis.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa warna urine merupakan indikator hidrasi yang valid pada anak-anak dan dewasa muda, namun tidak pada orang dewasa yang lebih tua.

Apa sih minuman untuk dehidrasi yang terbaik? 

Mayoritas pasti akan menjawab air putih ya. Namun ternyata, air putih mungkin bukan pilihan terbaik sepanjang waktu. Minuman dengan lebih banyak nutrisi daripada air bisa membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by. oramy.co.id