Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Inilah 5 Minuman yang Cepat Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Buah kelapa pengganti cairan yang cepat--by.Dulohupa.id

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu skim dan susu rendah lemak membuat tubuh kembali terhidrasi, sehingga cocok diminum setelah olahraga yang intens, sembari memberikan manfaat protein dan nutrisi penting lainnya.

Melansir Healthline, protein berkualitas tinggi dalam susu juga menjadikan minuman ini. Sebagai minuman pasca-latihan yang ideal untuk memulai perbaikan otot dan proses pembangunan kembali.

Tetapi, ada beberapa efek dari mengonsumsi susu setelah berolahraga, salah satunya bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut seperti kembung. Ditambah pula, susu bukanlah pilihan yang tepat untuk orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau protein susu tertentu.

4. Jus Buah dan Sayuran

Terdiri dari 80–99% air, jus berbahan dasar buah-buahan dan sayuran adalah minuman yang bisa menghidrasi dengan sempurna. Sebagai perbandingan, makanan yang diproses seperti kue, biskuit, sereal, dan keripik hanya mengandung 1–9% air.

Tidak hanya itu, jus buah dan sayuran juga mempunyai kandungan vitamin, nutrisi, serat, dan antioksidan yang tinggi. Adapula kandungan sejumah elektrolit, seperti kalium, magnesium, serta fosfor yang dapat membantu menyegarkan tubuh setelah dehidrasi.

Buah dan sayur dengan kandungan air tertinggi antara lain:

Beri-berian, seperti blueberi, stroberi, blackberi, dan masih banyak lainnya seperti : Melon,Jeruk, Anggur, Wortel, Selada, Kubis dan bayam. Buah dan sayuran beku sama bergizi seperti buah dan sayuran segar, bahkan dalam beberapa kasus, lebih bergizi.

Ini disebabkan, buah dan sayur sering membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu dari petani ke pasar, sebelum dikonsumsi.

Selama waktu tersebut, oksidasi bisa menyebabkan hilangnya unsur hara. Di sisi lain, buah dan sayuran beku dibekukan segera setelah dipanen, inilah yang mempertahankan sebagian besar nutrisinya.

Namun, buah dan sayur memiliki kadar garam yang rendah

Karena berkeringat juga mengeluarkan kadar galam, ada baiknya berikan sedikit garam pada jus sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA:Tahukah Anda, Manakah yang Lebih Berbahaya Antara Gula dan Garam?

5. Sport Drink

Minuman berenergi untuk olahraga atau juga disebut dengan sport drink, sangat mudah ditemukan di minimarket terdekat dan bisa menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi yang praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by. oramy.co.id