Gua Sunyaragi: Ini Dia Tempat Sejarah dan Mitos Perjodohan

Gua Sunyaragi: Ini Dia Tempat Sejarah dan Mitos Perjodohan

Gua Sunyaragi: Ini Dia Tempat Sejarah dan Mitos Perjodohan-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDGua Sunyaragi tidak seperti gua kebanyakan yang ada dimana lokasinya yang gelap dan pengap. Tempat wisata yang lokasinya ada di Kota Cirebon ini layaknya sebuah taman yang dikelilingi bangunan seperti gua.

Oleh karena itu destinasi wisata ini sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi dan menjadi tujuan wisata sejarah dan para wisatawan yang datang ke Cirebon. Gua Sunyaragi pada zaman dahulu merupakan pesanggrahan Para Sultan dan petinggi Kerajaan serta digunakan untuk tempat bertapa.

BACA JUGA:Ini Dia Sejarah, daya Tarik dan Penginapan yang Ada di Area Makam Sunan Gunung Jati

Gua Sunyaragi ini dibangun sedemikian rupa dengan keunikannya adalah dari  bangunannya dihiasi batuan karang yang di sekeliling bangunannya. Oleh karena kita akan membahas sedikit tentang sejarah serta mitos yang dipercaya di tempat ini, antara lain:

1. Mitos Perjodohan di Goa Sunyaragi

 

Selain menyimpan sejarah yang panjangpada tempat ini, Gua Sunyaragi juga memiliki sebuah mitos yang berkembang dari mulut ke mulut yang berkembang dimasyarakat. Mitos tersebut berkaitan dengan persoalan perjodoh.

 

Yakni terdapat sebuah larangan di Gua Sunyaragi yaitu seorang perawan dilarang untuk menyentuh salah satu patung batu yang bernama Perawan Sunti. Jika hal itu terjadi maka bisa dipercaya bahwa perawan tersebut akan sulit mendapatkan jodoh.

 

Bila bagi kalian ada yang terlanjur menyentuhnya maka ada cara untuk menangkal mitos yang terjadi tersebut. Yakni dengan berjalan masuk ke dalam Gua Kelanggengan yang dipercaya dapat melanggengkan sesuatu termasuk masalah jodoh.

 

Mitos merupakan sebuah kepercayaan yang sudah ada sejak lama dan berkembang dari mulut ke mulut. Bagi kita hanya perlu menghormati dan menghargainya karena jika mempermasalahkannya akan membuat ketidak rukunan antara kita.

 

2. Sejarah Gua Sunyaragi

 

Keberadaan Taman atau Gua Sunyaragi memiliki kisah sejarah yang cukup panjang dan termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Cirebon. Gua Sunyaragi atau sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi berada di atas lahan seluas 15 hektar dan pada zaman dulu dikelilingi oleh danau yang bernama Danau Jati.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: