Sering Susah Tidur? Awas Penyakit Insomnia Melanda, Ini Cara Mengatasinya!

Sering Susah Tidur? Awas Penyakit Insomnia Melanda, Ini Cara Mengatasinya!

Insomnia atau susah tidur sangat mengganggu dan bisa berefek bagi kesehtan anda--

Selain itu, beberapa aktivitas menenangkan seperti membaca buku, mandi air hangat juga dapat membuat anda tidur lebih nyenyak.

4. Usahakan untuk terus Berpikir Positif

Insomnia bisa lebih mudah anda alami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Oleh karena itu cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran lebih tenang. Anda pun bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

5. Hindari Merokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat anda sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar anda tidak terjaga sepanjang malam.

6. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Banyak orang merasa susah tidur karena bekerja, bermain game atau melakukan aktivitas lain dalam kamar. Padahal kamar idealnya hanya untuk tidur.

Oleh karena itu, anda perlu menerapkan sleep hygiene agar bisa lebih mudah tidur. Caranya dengan menempatkan meja belajar, computer, televise pada luar kamar tidur.

Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak menyebabkan leher kaku saat bangun tidur. Jika anda hamil atau mengalami sakit punggung, aturlah posisi tidur dengan menyamping.

7. Antisipasi Perubahan Jam Tidur saat Bepergian dan Bekerja

Bepergian ke tempat dengan perbedaan waktu yang signifikan atau tuntutan bekerja pada malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme serta suhu tubuh.

Jika memang sirkadian terganggu, anda pun lebih berpotensi untuk mengalami insomnia. Oleh karena itu, aturlah jadeal kegiatan anda sehari-hari. Selain itu juga usahakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.

8. Konsumsi Obat Tidur Sesuai Resep Dokter

Obat-obatan untuk mengatasi insomnia hanya anda gunakan sesekali dan sesuai resep dokter. Meski membuat anda terlelap, pemakaian obat tidur juga dapat mendatangkan risiko dan efek samping. Seperti kecanduan, sulit konsentrasi, pusing dan sakit kepala hingga perubahan mood.

9. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain pola tidur yang baik, penerapan pola hidup sehat juga penting anda lakukan. Pola hidup ini dapat anda lakukan dengan mengatur pola makan, mengurangi stress dan berolahraga ruti. Setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: