Sering Susah Tidur? Awas Penyakit Insomnia Melanda, Ini Cara Mengatasinya!

Sering Susah Tidur? Awas Penyakit Insomnia Melanda, Ini Cara Mengatasinya!

Insomnia atau susah tidur sangat mengganggu dan bisa berefek bagi kesehtan anda--

DISWAYJATENG – Ketika anda sering susah tidur pada malam hari, bisa jadi itu salah satu gejala insomnia. Menurut bahasa kedokteran, insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya kesulitan atau tidak dapat tidur dengan baik.

Insomnia dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan suasana hati. Hal ini tentu dapat mengakibatkan kualitas hidup dan rutinitas sehari-hari menjadi tidak optimal.

Kebiasaan begadang dengan insomnia adalah dua kondisi yang berbeda. Begadang merupakan kebiasaan yang umumnya terdorong atas kemauan sendiri dan hanya membuat seseorang memiliki jam tidur tidak teratur.

Sedangkan insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dalam satu hari.

Gelisah dan sulit tidur pada malam hari bisa menjadi tanda anda mengalami insomnia. Anda tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat anda coba agar tidur anda lebih berkualitas.

Penyebab insomnia bisa karena beberapa hal, mulai dari kebiasaan minum berakohol hingga masalah psikologis seperti stress, depresi dan gangguan cemas.

Selain itu juga dapat terjadi karena kondisi medis tertentu seperti nyeri sendi serta efek samping obat-obatan. Jika anda sering mengalami insomnia, ada beberapa cara mengatasi yang dapat anda coba.

Cara Mengatasi Insomnia

1. Konsumsi Makanan Sehat

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi serta karbohidrat komplek menjelang tidur. Hal ini karena jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja system pencernaan, sehingga tubuh sulit beristirahat.

2. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman berakohol, kopi, teh dan minuman yang mengandung kafein. Terutama pada saat menjelang tidur malam anda.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat anda lebih terjaga, sehingga akan susah tidur pada malam hari. Agar lebih sehat anda dapat menggantinya dengan susu atau air putih.

3. Luangkan Waktu untuk Relaksasi

Anda bisa mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan sehingga anda akan mudah terlelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: