Miris, Warga Desa Tamansari Kabupaten Tegal Patungan Bangun Jembatan

Miris, Warga Desa Tamansari Kabupaten Tegal Patungan Bangun Jembatan

PATUNGAN - Warga patungan membangun jembatan. Foto:Yeri Noveli/Radar Slawi --

 

SLAWI (DiswayJateng) - Sejumlah warga di RW 02 Dukuh Tembara, Desa Tamansari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal terpaksa patungan untuk membangun jembatan.

 

Jembatan yang didirikan di aliran Sungai Rambut itu akan digunakan sebagai akses penghubung antara Dukuh Tembara dengan Desa Kejene, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

 

"Awalnya kami sudah menyampaikan ke pemerintah desa, tapi pihak desa mengaku tidak mampu mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jembatan. Sehingga kami dan warga berswadaya iuran untuk membangun jembatan ini," kata Ketua Panitia Pembangunan Jembatan, Rasidin, Minggu (16/10).

 

Dia menuturkan, selama ini, ketika warga hendak menuju ke perkebunan, mereka selalu menyebrang Sungai Rambut. Jika tidak hati-hati saat menyebrang, warga akan hanyut terbawa arus.

 

Seperti yang terjadi pada tahun 2000 dan 2021 lalu. Kala itu, ada 3 orang petani yang hendak menyebrang Sungai Rambut usai berkebun.

 

Namun, mereka terhanyut terbawa arus sungai yang cukup deras. Dua orang meninggal dan satu orang berhasil selamat. Sehingga warga di Desa Tamansari trauma saat hendak menyebrangi sungai tersebut.

 

Warga akhirnya berinisiatif swadaya untuk membangun jembatan penghubung. Setiap warga di RW 02 Desa Tamansari iuran Rp200 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: