Tingkatkan Kegemaran Membaca, Dinperpuska Batang Gelar Lomba Sinopsis hingga Pemilihan Duta Baca

Kamis 12-09-2024,18:15 WIB
Reporter : Bakti Buwono
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, BATANG - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, serta Hari Kunjungan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpuska) Kabupaten Batang menggelar serangkaian lomba literasi untuk memupuk semangat membaca di kalangan masyarakat. 

Kegiatan ini dimulai sejak akhir Juli dan menjadi ajang untuk meningkatkan budaya membaca di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. 

Kepala Dinperpuska Batang, Suprapto, menyatakan bahwa berbagai lomba yang diadakan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap literasi.

BACA JUGA:Bawaslu Demak Buka Pendaftaran Petugas TPS, Ini Ketentuannya

"Jadi kita pertama dalam rangka peningkatan budaya gemar membaca, kemudian sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79. Juga dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan, kita sejak akhir Juli sudah memulai beberapa lomba, antara lain lomba sinopsis, lomba literasi membaca puisi, lomba menggambar anak-anak, serta pemilihan duta baca," ungkapnya, Kamis 12 September 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa selain lomba yang berbasis perpustakaan, pihaknya kini fokus pada keterlibatan masyarakat sebagai penggerak literasi. 

Lomba-lomba yang digelar bukan hanya melibatkan peserta dari kalangan institusi, tetapi juga pegiat literasi yang berasal dari masyarakat umum.

BACA JUGA:Makan Gratis di Sekolah, Wiranto Ingatkan Keuntungan UMKM Tidak Mengurangi Nilai Gizi

"Saat ini, bukan hanya perpustakaannya yang dilombakan, tetapi masyarakatnya. Orang-orang yang ikut lomba ini menjadi penggerak literasi. Bicara soal penggerak, bukan hanya institusi, tetapi masyarakatnya, khususnya para pegiat literasi. Pemenang lomba kami harapkan menjadi motivator bagi yang lainnya," tambah Suprapto.

Lomba-lomba seperti lomba sinopsis, lomba membaca puisi, dan lomba menggambar anak-anak mendapat perhatian besar dari masyarakat. 

Berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar hingga pegiat literasi, turut ambil bagian dalam kegiatan ini. 

Dinperpuska juga mengadakan seleksi pengunjung perpustakaan terbaik, yang menjadi penilaian atas aktivitas literasi yang dilakukan oleh para pengunjung.

BACA JUGA:Bangun Sinergi UMKM di Era Digital

Selain lomba, Dinperpuska Batang juga meluncurkan program baru bernama Gemari Literasi Statistik, yang bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan literasi berbasis data statistik. 

Program ini menyediakan berbagai informasi terkait statistik yang bisa diakses oleh masyarakat melalui perpustakaan. 

Kategori :