Tingkatkan Kegemaran Membaca, Dinperpuska Batang Gelar Lomba Sinopsis hingga Pemilihan Duta Baca

Kamis 12-09-2024,18:15 WIB
Reporter : Bakti Buwono
Editor : Rochman Gunawan

Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan.

Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, yang turut hadir dalam peluncuran program ini, menegaskan pentingnya program tersebut dalam meningkatkan minat baca, terutama bagi anak-anak sekolah dan masyarakat umum. 

BACA JUGA:Saat Tinjau MBG di Salatiga, Wiranto Curhat Gagal Jadi Presiden Karena Kurang Gizi

Menurutnya, fasilitas yang disediakan oleh Dinperpuska Batang, baik buku maupun ruangan yang nyaman, sangat mendukung terciptanya lingkungan literasi yang kondusif.

"Intinya, tujuannya adalah meningkatkan budaya gemar membaca bagi anak-anak sekolah maupun masyarakat. Di Dinas Perpustakaan ini disediakan berbagai fasilitas, baik buku maupun ruangan yang nyaman, yang bisa digunakan oleh siapa saja. Baru saja diluncurkan program Gemari Literasi Statistiktik, di mana disediakan informasi tentang statistik, tidak hanya buku, tapi juga data," jelas Lani Dwi Rejeki.

Program ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk lebih aktif dalam mencari informasi, tidak hanya dari buku, tetapi juga dari data-data yang disediakan di perpustakaan.

BACA JUGA:Tinjau Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Wiranto Datangi SMPN 2 Salatiga

Salah satu inisiatif lain yang diperkenalkan oleh Dinperpuska Batang adalah pemilihan Duta Baca. 

Duta Baca ini diharapkan dapat menjadi motivator bagi masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa, untuk lebih gemar membaca. 

Dengan adanya duta baca, diharapkan literasi di Kabupaten Batang bisa semakin berkembang, dan minat masyarakat terhadap buku akan terus meningkat.

Dinperpuska juga menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dispermades dan Badan Pusat Statistik (BPS) melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU). 

BACA JUGA:Semangat Hari Pelanggan Nasional 2024, PLN Pererat Hubungan dengan Pelanggan

Harapannya, BPS bisa lebih aktif dalam mendukung kegiatan literasi dengan menyediakan data yang relevan bagi masyarakat. 

Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kolaborasi antarinstansi dalam membangun budaya membaca dan melek data.

 

 

Kategori :