Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Puncak Peringatan Hari Koperasi di Kabupaten Pemalang

Selasa 30-07-2024,11:15 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-77 di Kabupaten Pemalang tahun 2024 dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di SD Kampus, Desa Bantarbolang. Pagelaran wayang kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Mangunyowon dengan lakon Semar Bangun Projo. 

Asisten Administrasi Umum Sekda Supa'at atas nama bupati Pemalang sekaligus selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Koperasi ke-77 Kabupaten Pemalang menyampaikan, puncak peringatan dengan pagelaran  wayang kulit. Diharapkan dapat memberikan kontribusi pemahaman yang baik bagi masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:320 Siswa Baru Antusias Mengikuti MPLS

Menurutnya, kegiatan peringatan hari koperasi ke-77 ini sebelumnya sudah banyak kegiatan yang dilakukan, dimulai sejak tanggal 11 Juli 2024. Pada malam tanggal 12 Juli 2024 ada kegiatan wungonan dam kirim doa untuk para sesepuh dan tokoh-tokoh koperasi serta para penggiat koperasi. Kemudian dipagi harinya ada kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan.

"Dengan dipentaskannya pagelaran wayang kulit pada malam hari ini, menunjukkan bahwa insan koperasi sangat respek dan apresiasi terhadap menguri-uri budaya di Kabupaten Pemalang. Pagelaran wayang kulit ini diharapkan bukan hanya tonton tapi juga menjadi tuntunan,"katanya. 

BACA JUGA:Belajar Otodidak, Multitalenta Jadikan Arifki Junior Langganan Juara

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pemalang Fera Joko Susanto dalam sambutannya menyampaikan koperasi itu mempunyai cita-cita yang adi luhung, sebagaimana sesuai cita -cita penggagas koperasi Bung Hatta adalah sebagai sendi kehidupan yaitu soko gurunya perekonomian Indonesia.

"Karena koperasi ini adalah lembaga setingkat keuangan yang tidak berorientasi profit orientit semata, dibandingkan dengan entitas keuangan lainnya, atau usaha individu keuangan lainnya.

BACA JUGA:Rumah Warga di Desa Tembok Luwung Kabupaten Tegal Terbakar, Damkar Langsung Gerak Cepat

Oleh karena itu,  koperasi mempunyai cita-cita untuk memakmurkan rakyat khususnya bagi para anggota,"ujarnya.

Kategori :