Cara Memperbaiki Skor BI Checking yang Jelek

Cara Memperbaiki Skor BI Checking yang Jelek

cara memperbaiki skor bi checking yang jelek--foto bisnis tempo

DISWAY JATENG - Skor kredit yang terlanjur jelek atau status blacklist bisa mengakibatkan penolakan saat mengajukan pinjaman. Karena itu, cara memperbaiki skor BI checking menjadi langkah yang tidak bisa dihindari. 

Cara memperbaiki skor BI checking menjadi hal yang krusial bagi banyak orang terutama debitur yang galbay atau macet bayar. Pasalnya, skor kredit ini menjadi pertimbangan utama dalam pengajuan pinjaman selanjutnya. 

Karena itu, sebelum melamar kerja pastikan skor BI Checking bersih. Kebanyakan orang yang memiliki skor BI Checking buruk itu karena memiliki tunggakan kredit dengan riwayat pembayaran yang tidak tepat waktu, bahkan tidak bayar sama sekali. Dengan ini, perlu ketahui cara memperbaiki skor BI checking agar memudahkan dalam pengajuan kembali. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki skor BI checking? Berikut ada beberapa langkah efektif yang bisa kalian coba dan lakukan untuk bisa mengajukan pinjaman kembali saat kebutuhan mendesak. 

BACA JUGA:Ini 8 Penyebab Skor BI Checking Susah Bersih Meskipun Sudah Melunasi Semua Tagihan Utang

BI checking atau kini bernama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) viral karena membuat banyak pelamar kerja gagal.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BI Checking merupakan pengecekan riwayat kredit di sistem informasi debitur Bank Indonesia (BI), sesuai permohonan debitur. Umumnya, BI Checking dilakukan ketika ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Cara Memperbaiki Skor BI Checking 

1. Konfirmasi Pembayaran

Pastikan bahwa semua pembayaran yang telah dilakukan telah direkam dengan benar oleh bank atau lembaga keuangan.

Kalian bisa meminta surat penjelasan dari bank yang memberikan kredit dan konfirmasikan kepada OJK bahwa kalian telah menyelesaikan kewajiban kredit. Tunggu hingga BI Checking benar-benar bersih.

2. Perhatikan Jatuh Tempo Tagihan

PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) pada 2022 lalu sempat memberikan tips cara memperbaiki skor BI checking yang buruk. Dalam mengajukan kredit, ada waktu tertentu di mana cicilan harus dibayar sebelum jatuh tempo. Hal tersebut guna menghindari penilaian kredit yang buruk.

BACA JUGA:Ketahui Cara Cek BI Checking dengan Mudah Sebelum Ajukan Pinjaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: