4 Cara Terbaik Mengamankan Kontak HP dari Pinjol Ilegal, Segera Lindungi Data Diri Anda

4 Cara Terbaik Mengamankan Kontak HP dari Pinjol Ilegal, Segera Lindungi Data Diri Anda

cara mengamankan kontak hp dari pinjol ilegal --foto ocbc

DISWAY JATENG - Pinjol alias pinjaman online merupakan salah satu produk keuangan yang semakin marak digunakan di Indonesia. Namun, perlu ketahui cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal agar data kalian tetap aman. 

Beberapa pinjol ilegal sering melakukan cara yang merugikan nasabah, salah satunya yaitu menghubungi kontak darurat nasabah untuk menagih utang. Karenanya cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal perlu dilakukan supaya tidak merasa dirugikan. 

Cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal merupakan cara paling ampuh untuk melindungi data diri kalian dari kejahatan oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab kebanyakan aplikasi pinjol saat pertama kali diinstal akan meminta izin akses ke berbagai fitur di smartphone termasuk kontak. 

Lalu, bagaimana cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kalian untuk melindungi data pribadi dari penyalahgunaan pinjol ilegal. 

BACA JUGA:2 Tips Amankan Kontak Hp dari Teror Pinjol Ilegal, Bebas dari Sadap dan Pelacakan

 

1. Pastikan Eksistensi Fintech Tersebut

Cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal yaitu mempertimbangkan keberlangsungan fintech tersebut. Karena tidak bisa dibantah pula kemungkinan terjadinya hal yang tidak dikehendaki misalnya defisit dana atau salah kelola.

Kalian harus jeli dengan perusahaan fintech pinjol yang dipilih. Caranya yaitu dengan banyak membaca berbagai review atau ulasan yang diberikan nasabah lain. Biasanya di situs resmi fintech pun dijelaskan dengan gamblang visi,misi, dan kondisi keuangan serta kendala yang sedang dihadapi.

2. Tidak Memberikan Akses ke Aplikasi

Cara terbaik mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal yaitu dengan tidak memberikan izin akses kontak dan data lain. Saat mulai memasang aplikasi, sistem bisa mengakses beberapa informasi di ponsel.

Jika kalian memberikan izin aplikasi, maka sistem dapat mengambil data kontak di ponsel. Data tersebut bisa diakui pinjol sebagai kontak darurat yang bisa dihubungi jika ada masalah dengan pembayaran kalian.

BACA JUGA:4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

Biasanya info yang diakses atau diambil aplikasi pinjol yaitu daftar nomor kontak, alamat email, lokasi, atau account jejaring sosial. Setiap data kontak yang ada di ponsel bisa diambil dan dibaca oleh aplikasi pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: