4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp-Jalan Tikus-

DISWAY JATENG - Pinjaman online (pinjol) adalah salah satu produk keuangan yang semakin marak di Indonesia. Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara agar pinjol tidak bisa akses kontak hp dengan ilegal.

Beberapa pinjol ilegal sering melakukan cara yang merugikan nasabah, salah satunya adalah menghubungi kontak darurat nasabah untuk menagih utang. Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp memang sangat perlu agar kita tidak merasa dirugikan

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp dengan ilegal bisa kamu lakukan untuk mencegah pinjol nakal melakukan penagihan yang melanggar hukum, itu sudah tertuang dalam peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Pinjol dilarang untuk menghubungi kontak darurat nasabah kecuali dalam kondisi tertentu,” bunyinya. Berikut ini ulasan mengenai cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp.

BACA JUGA: Daftar 6 Pinjol Tanpa BI Checking dan DC Lapangan Terbaru 2024, Aman dari Teror dan Penyebaran Data Pribadi

1. Jangan Izinkan Akses Kontak

Cara paling ampuh untuk mencegah aplikasi pinjaman online atau pinjol mengakses kontak di handphone kamu adalah dengan tidak memberikan izin untuk hal tersebut. Nah, kebanyakan aplikasi pinjol saat pertama kali diinstal akan meminta izin akses ke berbagai fitur di handphone, termasuk kontak.

Di sinilah kamu harus berhati-hati. Begini caranya menolak izin akses kontak di aplikasi pinjol:

  • Buka menu Pengaturan di handphone kamu
  • Cari opsi "Aplikasi" atau semacam "Manajemen Aplikasi"
  • Pilih aplikasi pinjol yang kamu gunakan
  • Di bagian Izin atau Permission, cari opsi "Kontak"
  • Geser atau klik untuk mematikan izin akses Kontak.

Dengan langkah ini, aplikasi pinjol tidak akan bisa membaca dan mengakses data kontak di handphone kamu. Jadi meskipun ada hal-hal yang tidak diinginkan, para penagih pinjol tidak akan bisa menghubungi kontak-kontak yang ada di handphone.

BACA JUGA: Tawarkan Suku Bunga Ringan, Inilah 5 Pinjol Tanpa BI Checking dan DC Lapangan Terbaru 2024

2. Jangan Cantumkan Nomor Darurat

Saat mengajukan pinjaman online, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri. Di tahap verifikasi ini, kadang kamu juga akan ditanya untuk mencantumkan nomor kontak darurat, seperti nomor keluarga atau teman dekat.

Sebaiknya, jangan pernah mencantumkan nomor kontak darurat ini untuk menghindari mereka dihubungi oleh pihak pinjol jika terjadi masalah di kemudian hari.

3. Pilih Pinjol Resmi Terdaftar OJK

Untuk menghindari masalah seputar privasi data dan tindakan ilegal lainnya, pilihlah untuk menggunakan layanan pinjol yang resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan pinjol yang berizin resmi tentunya akan beroperasi dengan standar dan aturan yang lebih baik, termasuk dalam menangani masalah penagihan jika terjadi tunggakan.

Kamu bisa mengecek daftar perusahaan pinjol legal di situs web OJK. Hindari pinjol yang tidak terdaftar atau bahkan tak jelas alamat dan perizinannya.

BACA JUGA: Daftar 13 Pinjol yang Ada DC Lapangan Resmi OJK Terbaru 2024, Hindari Galbay Agar Tetap Aman

4. Laporkan Jika Mengalami Masalah

Jika suatu saat kamu mengalami masalah seperti pihak pinjol yang menghubungi kontak-kontak di handphone secara ilegal, segera laporkan hal tersebut ke pihak berwenang. OJK sebagai lembaga pengawas pinjol memiliki layanan pengaduan untuk kasus pinjol ilegal yang bisa kamu akses melalui website atau aplikasi mereka.

Selain itu, kamu juga bisa melapor ke kepolisian jika mengalami aksi intimidasi atau tindakan melanggar hukum lainnya dari pinjol. Polri memiliki layanan pengaduan khusus untuk kejahatan siber yang bisa diakses online.

Laporkan saja pinjol nakal tersebut agar mendapat tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku. Itulah beberapa cara agar pinjol tidak bisa akses kontak Hp secara ilegal.

Utamakan privasi kamu dan hindari pinjol tak jelas. Gunakan jasa pinjol legal dan terdaftar saja agar lebih aman dan terlindungi dari berbagai masalah. Semoga membantu ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: