Lindungi Privasi Anda, Begini 10 Cara Mengetahui Kebocoran Data Pribadi

Lindungi Privasi Anda, Begini 10 Cara Mengetahui Kebocoran Data Pribadi

cara mengetahui kebocoran data pribadi--

DISWAY JATENG - Informasi data yang disalahgunakan seringkali disebabkan karena data yang bocor, oleh sebab itu sebagai pencegahannya anda perlu tahu cara mengetahui kebocoran data pribadi.

Terdapat beberapa cara supaya dapat mengetahui kebocoran data pribadi, dengan melakukan beberapa langkahnya maka anda dapat melakukan cara pencegahannya.

Cara mengetahui kebocoran data pribadi ini cukup mudah dilakukan dan akan bekerja secara efektif ketika dilakukan dengan langkah yang tepat.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai cara mengetahui kebocoran data pribadi yang wajib anda ketahui, yuk simak terus ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Menghindari Pencurian Data Pribadi oleh Pinjol, Hindari Sembarang Klik Tautan

 

1. Periksa Situs Web Pemantau

Untuk mengetahui kebocoran data pribadi anda dapat melihat di situs web seperti Have I Been Pwned (https://haveibeenpwned.com/) dan Breach Directory (https://breachdirectory.org/) mengumpulkan informasi tentang data yang bocor dari berbagai sumber. Pengguna dapat memasukkan alamat email, nomor telepon, atau nama pengguna mereka untuk melihat apakah informasi tersebut pernah bocor.

2. Aktifkan Notifikasi dari Layanan Online

Banyak layanan online, seperti bank dan platform e-commerce, menawarkan notifikasi jika terjadi aktivitas mencurigakan pada akun Anda. Aktifkan notifikasi ini untuk segera mengetahui jika ada pihak lain yang mencoba mengakses akun Anda.

3. Pantau Laporan Kredit

Penjahat siber yang memiliki akses ke data pribadi Anda dapat menggunakannya untuk membuka akun baru atas nama Anda. Pantau laporan kredit Anda secara berkala untuk melihat apakah ada aktivitas yang tidak Anda lakukan.

4. Waspadai Phishing dan Malware

Phishing dan malware adalah dua cara umum yang digunakan penjahat siber untuk mencuri data pribadi. Berhati-hatilah terhadap email, pesan teks, atau tautan yang mencurigakan. Jangan pernah mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: