Risiko Gestun Paylater, Apa Saja?

Risiko Gestun Paylater, Apa Saja?

Waspada! Kenali Resiko Bahaya Gestun Paylater, Berujung bisa Merugikan-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Gestun paylater yaitu sebuah cara mencairkan saldo limit paylater menjadi bentuk uang tunai. Dengan kata lain, jasa gestun adalah jalan cepat bagi pemilik PayLater untuk mendapatkan uang dengan melakukan transaksi melalui jasa pencairan limit PayLater.

Kini maraknya penyedia jasa gestun payLater yang membuat pemilik payLater bisa melakukan tarik uang tunai meskipun kekurangan uang di rekening tabungan. 

BACA JUGA:4 Dampak Jika Galbay di Shoppee Paylater

Memang gestun bisa membuat kita dapat uang instan, tapi ingat juga bahwa ada banyak risiko gestun paylater yang wajib diwaspadai. Penyedia jasa gestun payLater kini juga marak dijumpai secara online, seperti di Instagram hingga TikTok.

Nah, agar kamu bisa pintar belanja dan tidak terjebak, maka kamu wajib ketahui 5 resiko bahaya gestun paylater. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

Berikut ini 5 resiko bahaya gestun paylater yang perlu diketahui dan dipahami :

1. Skor Kredit Jelek

Kalau gagal bayar di gestun paylater, akan memengaruhi catatan skor kredit kita di BI Checking atau sekarang dikenal dengan SLIK OJK. Paylater di marketplace sudah terhubung langsung dengan catatan ini.

Makanya, jika karena gestun paylater bikin kita bertumpuk utang dan gagal bayar, maka kita bisa masuk daftar hitam. Dampaknya, kita akan kesulitan bila mengajukan pinjaman atau kredit di masa mendatang.

BACA JUGA:Batas Kredit dan Cara Menaikan Limit Shopee Paylater

2. Tidak Legal

Paylater merupakan dana talangan pada peminjam untuk membayar transaksi barang atau jasa yang dibutuhkan. Secara garis besar, konsep paylater mirip kartu kredit, jadi sebenarnya bukan untuk dicairkan dalam bentuk tunai.

Gestun paylater bisa termasuk transaksi ilegal dan tidak dianjurkan. Pasalnya, tidak ada fitur dalam marketplace yang mengizinkan untuk mencairkan limit paylater menjadi uang tunai.

Aktivitas ini juga dilarang oleh Bank Indonesia dan OJK karena sering berujung pada pinjaman bermasalah dan kerugian materil. Menggunakan jasa gestun paylater juga menjadikan kita rentan terhadap penipuan dan menyebabkan pemblokiran akun paylater.

3. Bisa Dilaporkan

Karena termasuk tindakan yang tidak sesuai prosedur, maka jika ketahuan kita mungkin bisa langsung dilaporkan. Baik oleh penyedia marketplace atau kurir yang menerima dan mengirim paket bohongan tadi. Ujungnya, bisa terjadi pemblokiran akun hingga hal-hal lainnya.

4. Biaya Jasa Mahal

Jangan harap tanpa biaya, penyedia jasa gestun paylater juga menetapkan fee yang tergolong mahal. Bisa sekitar 10 persen dari nominal transaksi, kamu bisa rugi.

BACA JUGA:Solusi Galbay di Shopee Paylater untuk Hindari Utang yang Menumpuk

5. Bikin Kebiasaan Ngutang 

Mudahnya melakukan gestun sepintas menjadi keuntungan. Tapi bisa menimbulkan kerugian, karena bisa menimbulkan efek ketagihan yang tidak terkontrol.

Ujungnya, kita bisa gali lubang- tutup lubang setiap bulan untuk membayar tagihan. Kalau sampai banyak, bisa-bisa berakhir dengan tumpukan utang dan makin buruk karena berisiko gagal bayar.

Demikian ulasan resiko bahaya gestun karena berujung merugikan, sebaiknya jangan coba - coba ya, gunakan metode pembayaran yang tepat dan aman digunakan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: