Cara Memperbaiki Skor BI Checking yang Jelek

Cara Memperbaiki Skor BI Checking yang Jelek

cara memperbaiki skor bi checking yang jelek--foto bisnis tempo

"Tagihan yang dibayar tepat waktu tidak hanya membantu pihak bank melainkan juga debitur. Riwayat kredit yang baik berpengaruh pada skor kredit. Ini memudahkan debitur jika ingin mengajukan kredit di kemudian hari," kata Direktur Utama IdScore Yohanes Arts Abimanyu melalui pernyataan pada Juli 2022 lalu.

3. Disiplin Atur Keuangan

Menjaga kedisiplinan dalam mengatur keuangan sangat penting. Sebisa mungkin menghindari mengajukan kredit atau pinjaman untuk hal-hal yang tidak mendesak. 

4. Lunasi Tagihan yang Menunggak

Cara memperbaiki skor BI checking selanjutnya yaitu dengan melunasi tagihan yang menunggak. Debitur bisa membuat daftar tunggakan berdasarkan waktu jatuh tempo. Bisa dimulai dengan melunasi tunggakan terlama.

Debitur juga bisa membuat list berdasarkan nominal. Untuk nominal kecil bisa dilunasi dengan segera dan nominal besar sesuai dengan kemampuan finansial. Upayakan untuk tidak mengajukan kredit baru jika masih terdapat tunggakan.

BACA JUGA:Punya Skor Kredit Jelek? Begini Cara Mudah Memperbaiki Riwayat Kredit di BI Checking

5. Memeriksa Credit Report

Credit report merupakan laporan kredit debitur selama menjalani aktivitas kredit yang berisikan informasi lengkap terkait identitas debitur seperti profil kredit, kredit historis, hingga skor kredit. Credit report ini bisa diperoleh dengan mendatangi kantor OJK atau LPIP lainnya.

Credit report akan memperlihatkan laporan historis kredit nasabah yang bisa menjadi gambaran profil risiko dan reputasi keuangan. Credit report juga berisi prediksi kemungkinan gagal bayar jika diberikan kredit.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara memperbaiki skor BI checking yang perlu kalian lakukan dan terapkan agar skor kredit kalian jadi bersih dan bebas dari anti penolakan saat mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: