Dr Yusqon, Pegiat Literasi Kota Tegal Menjadi Narasumber Gerakan Indonesia Membaca

Dr Yusqon, Pegiat Literasi Kota Tegal Menjadi Narasumber Gerakan Indonesia Membaca

NARASUMBER - Pegiat literasi Kota Tegal Dr Yusqon menjadi narasumber dalam Gerakan Indonesia Membaca di Sasana Widya Praja BPSDM Jawa Tengah.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Tengah. Didukung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Jawa Tengah. Mengadakan Gerakan Indonesia Membaca di Sasana Widya Praja BPSDM Jawa Tengah. Kegiatan yang paling menarik.

salah satunya yakni bincang-bincang bersama Duta Baca Indonesia (DBI) dengan tema ‘Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat’. Hadir sejumlah narasumber, salah satu diantaranya Dr Yusqon (Penerima Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022) dan Pegiat literasi dari Kota Tegal

BACA JUGA:Kelurahan Margadana Kota Tegal Tambah 1 RW, Warga Diminta untuk Pindah Alamat

Narasumber Dr Yusqon mengatakan bahwa dengan adanya Gerakan Indonesia Membaca di setiap wilayah. Tentunya akan menghapuskan akar kemalasan untuk menulis dan kebodohan dalam berpikir. Di Kota Tegal sendiri, dia menggagas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan komunitas literasi yang dirasa sangat penting. 

"Sebab, keberadaannya bisa menjadi alternatif masyarakat untuk memperoleh bahan bacaan. Seperti TBM Sakila Kerti yang didirikannya di terminal Tegal, di wilayah pesisir yakni di Pantai Alam Indah (PAI). Banyak mendapatkan respon positif dari masyarakat," katanya.

BACA JUGA:BUMDes Jurangmangu Kabupaten Pemalang Serahkan PADes

Sementara itu, Duta Baca Indonesia Gol A Gong menyampaikan, dengan sering membaca buku banyak wawasan dan ilmu pengetahuan yang didapat. Tidak hanya itu, dengan sering membaca juga bisa mengantarkan pembaca menjadi seorang penulis yang luar biasa, baik menulis cerita, puisi dan sebagainya. 

"Untuk itulah benar adanya bahwa membaca adalah jendela dunia dan gudangnya ilmu," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: