Bernostalgia dengan 4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah yang Hampir Punah

Bernostalgia dengan 4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah yang Hampir Punah

Permainan tradisonal unik di Jawa Tengah yang hampir punah--

Cara mainnya, yakni harus menggunakan satu bola bekel dengan tujuh buah biji. Bola tersebut nantinya akan dilempar dan pemain akan mengambil satu biji hingga habis.

Peraturan dalam permainan bola bekel, yakni jika biji yang diambil gagal atau bola tidak berhasil ditangkap maka pemain akan gugur. Selain itu, ada level-level yang perlu pemain lakukan di setiap permainan bola bekel.

4. Cublek-cublek Suweng

Cublek-cublek Suweng merupakan permainan tradisional yang paling populer di Jawa Tengah, bahkan tidak hanya di Jawa saja ya. Salah satu ciri khas dari permainan ini, yakni dilakukan sembari menyanyikkan lagu.

Cara mulai permainan ini, yaitu dengan memilih peran Pak Empong terlebih dahulu dengan cara hompimpa antara semua pemain. Orang yang nantinya terpilih akan berbaring dan pemain lainnya akan duduk memutari pemain yang ada di tengah.

BACA JUGA:5 Tempat Paling Horor di Jawa Tengah, Ngeri bikin Merinding!

Nanti, semua pemain akan meletakkan tangan menghadap ke atas di punggung Pak Empong yang ada di tengah. Kemudian, secara bergantian meletakan satu biji kerikil ke telapak tangan pemain lainnya.

Permainan tradisional cublek-cublek suweng memiliki lagu khusus yang menjadi ciri khas keunikannya sendiri. Berikut bunyi lagu dari permainan cublek-cublek suweng.

Cublak-cublak suweng

Suwenge ting gelenter

Mampu ketundhung gudel

Pak Empong lera-lere

Sopo ngguyu ndhelikake

Sir, sir pong dhele kopong

Sir, sir pong dhele kopong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: