Bernostalgia dengan 4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah yang Hampir Punah

Bernostalgia dengan 4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah yang Hampir Punah

Permainan tradisonal unik di Jawa Tengah yang hampir punah--

DISWAY JATENG - Permainan tradisional unik di Jawa Tengah saat ini hampir memudar karena perkembangan zaman. Karena itu, permaninan tradisional perlu dilestarikan untuk mempertahankan bentuk warisan budaya daerah.

Terdapat banyak permainan tradisional unik di Jawa Tengah yang memiliki ciri khas keunikannya tersendiri. Bahkan setiap permainan juga memiliki berbagai cara memainkan yang bisa dibilang cukup tradisional.

Permainan unik di Jawa Tengah mengandung banyak nilai-nilai dan pesan moral sebagai proses pembelajaran anak-anak. Mungkin permainan tersebut masih dilestarikan oleh anak-anak yang ada di pedesaan karena minimnya teknologi.

Untuk melestarikan dan tidak menghilangkan budaya leluhur, kami akan memberikan informasi tentang permainan tradisional secara lengkap. Berikut permainan tradisional unik di Jawa Tengah yang saat ini hampir memudar karena perkembangan zaman.

BACA JUGA:9 Nama Desa Paling Unik dan Lucu di Jawa Tengah, Salah satunya Kandang Sapi!

4 Permainan Tradisional Unik di Jawa Tengah

1. Enggrang

Permainan tradisional unik di Jawa Tengah pertama dan populer dimainkan, yakni Enggrang. Enggrang merupakan permainan dengan tongkat yang dibuat oleh bambu yang nantinya ditunggangi pemain.

2. Bentengan

Bentengan merupakan permainan yang terdiri dari dua kelompok yang masing-masing kelompok memiliki anggota lebih dari 3 orang. Setiap kelompok memiliki peran yang berbeda, yakni bertahan, menyerang, dan pengalih perhatian.

Setiap kelompok harus menjaga benteng, benteng tersebut biasanya berupa tiang, pohon, atau tembok. Penentuan kemenangan ditentukan jika tim lawan sudah habis anggotanya karena sudah tertangkap oleh kelompok lain.

3. Bola Bekel

Permainan tradisional unik di Jawa Tengah selanjutnya, yakni Bola Bekel. Permainan ini biasanya dilakukan oleh kalangan perempuan dan dimainkan tidak hanya satu atau dua pemain saja.

BACA JUGA:6 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank 2023, Akreditasi A!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: