Amankah Puasa Mutih untuk Kesehatan? Berikut Manfaat, Risiko dan Panduannya

Amankah Puasa Mutih untuk Kesehatan? Berikut Manfaat, Risiko dan Panduannya

Manfaat puasa mutih untuk kesehatan-Bola.com-

DISWAYJATENG - Buat kalian yang sering denger istilah "puasa mutih" tapi belum paham apa itu sebenernya, yuk kita bahas bareng! Jadi, puasa mutih ini sebenernya kayak puasa biasa, tapi bedanya kita cuma boleh makan nasi putih sama minum air putih aja, tanpa lauk pauk lain. Lalu, apa manfaat puasa mutih untuk kesehatan?

Manfaat puasa mutih untuk kesehatan hampir sama dengan manfaat puasa biasanya. Yang membedakan adalah proses dan cara melakukannya. Umumnya, puasa mutih dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan ritual tertentu.

Atau, mereka yang mempercayai sebuah tradisi atau adat istiadat, nggak jarang mereka melakukan puasa mutih ini.

Manfaat puasa mutih bisa kamu rasakan jika melakukannya dengan benar. Nah, setiap orang bisa nentuin mau puasa mutih berapa lama, mulai dari 3 hari sampe ada yang sampe 40 hari. Biasanya, orang Jawa sering ngelakuin puasa mutih ini sebagai bagian ritual keagamaan buat deketin diri sama Yang Kuasa atau buat ngerjain doa-doa biar dikabulin.

BACA JUGA:Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Tapi, jangan sampe salah ya, puasa mutih ini sebenernya lebih ke pola makan tinggi karbohidrat, mirip-mirip kayak diet yang lagi ngetren tuh. Tapi, gimana sih, apakah puasa jenis ini baik buat kesehatan tubuh kita? Lalu, apa saja manfaat puasa mutih?

Manfaat Puasa Mutih untuk Kesehatan

Sejauh ini, belum ada penelitian yang bener-bener buktiin manfaat kesehatan dari puasa mutih ini. Tapi, puasa mutih ini sebenernya sama aja kayak makan makanan tinggi karbohidrat.

Nah, makanan yang kaya karbohidrat ini bisa bikin metabolisme tubuh kita jadi lebih cepat dan jadi sumber energi utama buat aktivitas fisik kita, terutama dalam waktu yang pendek.

Bahkan, beberapa ahli diet suka banget nyaranin konsumsi karbohidrat tinggi dan rendah lemak buat beberapa kasus tertentu, lho.

Manfaat puasa mutih ini sama halnya dengan manfaat puasa biasanya. Proses konsumsi asupan makanan pada puasa mutihlah yang membedakannya. Biasanya, mereka yang melakukan puasa mutih cenderung menyajikan makanan yang alami tanpa campuran banyak bahan makanan lainnya.

BACA JUGA:Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Bantu Perbaiki Metabolisme Tubuh

Risiko Kesehatan Puasa Mutih

Selain manfaat puasa mutih baik untuk kesehatan, tapi kalo kita ngelakuin pola makan tinggi karbohidrat tanpa pengawasan dari ahli gizi, bisa-bisa kita malah kena obesitas atau penyakit kronis, kayak diabetes.

Sebuah penelitian dari tim Harvard School of Public Health malah nunjukin kalo makan nasi putih berlebihan bisa bikin risiko diabetes tipe 2 naik 1,5 kali lipat. Wah, parah juga ya.

Ini bisa terjadi karena nasi putih punya indeks glikemik yang tinggi, yang artinya bisa cepet banget naikin kadar gula darah kita. Belum lagi, makan karbohidrat sederhana kayak nasi putih ini bisa bikin kita lebih cepet lapar.

BACA JUGA:Tak Sekadar Ibadah, Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Cara Aman Melakukan Puasa Mutih

Untuk mendapatkan manfaat puasa mutih di tubuhmu maka perlu diimbangi dengan melakukannya menggunakan tips dan cara yang aman. Jadi, kalo kita mau puasa mutih, sebaiknya kita tetep konsumsi vitamin atau suplemen, ya.

Puasa ini relatif aman buat dilakuin sesekali, tapi lebih baik nggak dilakuin lebih dari satu bulan atau bahkan jadi kebiasaan rutin.

Selain bisa kekurangan gizi, tubuh kita juga bisa lebih rentan kena penyakit yang disebabkan dari kelebihan karbohidrat dan gula.

Jadi, setelah "berpuasa", kita perlu ganti pola makan kita dengan sayuran, buah, kacang-kacangan, daging rendah lemak, dan biji-bijian.

Itulah manfaat puasa mutih, risiko dan panduannya. Yah, intinya, kalo kita mau puasa mutih atau jenis puasa lainnya, pastiin kita tetep ngikutin panduan kesehatan yang bener ya, guys! Jangan sampe kesehatan kita jadi taruhannya. Semoga penjelasan ini membantu, ya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: