Tips Diet Sehat saat Puasa, Salah Satunya Jangan Sekali-kali Lewatkan Sahur

Tips Diet Sehat saat Puasa, Salah Satunya Jangan Sekali-kali Lewatkan Sahur

Tips diet sehat saat berpuasa-Dokter Sehat-

DISWAYJATENG - Di bulan Ramadhan, banyak orang memilih untuk menjalankan tips diet sehat saat puasa. Beberapa orang beranggapan bahwa puasa bisa menjadi momen yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Namun, apakah benar demikian? Jika melakukan diet sudah menjadi keputusanmu, maka alangkah baiknya kamu mencoba tips diet sehat saat puasa.

Sekadar informasi, bulan puasa juga bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan? Ini terjadi jika kita tidak memperhatikan asupan makanan saat berbuka.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa kita tidak bisa menjalankan tips diet sehat saat puasa di bawah ini.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Simpel untuk Ditiru: Mudah, Enak, dan Sederhana

Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menurunkan berat badan saat menjalani puasa. Penasaran? Yuk, langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

Tips diet sehat saat puasa 

Diet saat puasa bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, kita juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Namun, kita harus konsisten dalam mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan di bawah ini.

Jika tidak, berat badan kita bisa sulit terkontrol. Pasalnya, diet merupakan cara kita mengatur pola dan asupan makan sehari-hari. Tidak perlu mengurangi porsi makan, yang penting adalah mengurangi kalori. Diet sehat saat puasa perlu kamu perhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menerapkan diet selama Ramadhan

1. Perbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah meningkatkan konsumsi serat dan protein. Hindari makanan yang memiliki kalori tinggi. Tahukah kamu bahwa makanan yang kaya serat mudah diserap oleh tubuh dalam waktu lama?

BACA JUGA: Serunya Aktivitas Olahraga Menunggu Buka Puasa Bersama Keluarga

Ini membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mampu menahan lapar sepanjang hari. Selain itu, serat dan protein juga membantu mengontrol nafsu makan saat berbuka puasa.

2. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Meskipun makanan manis terasa nikmat saat berbuka, kamu harus membatasinya. Apalagi jika kamu sedang menjalankan diet saat puasa. Meskipun begitu, tubuh tetap memerlukan gula untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Namun, perlu diingat bahwa berpuasa sepanjang hari dapat membuat kadar gula darah menurun. Jadi, batasi konsumsi makanan dan minuman manis karena dapat berubah menjadi lemak yang membuat berat badan naik.

3. Hindari Makan Secara Berlebihan

Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Ini karena makan berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat.

BACA JUGA: 6 Menu Takjil Khas Arab yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Jaga porsi makan saat sahur dan berbuka. Gunakan piring kecil untuk mengatur porsi makanan agar tidak berlebihan.

4. Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Pilihlah makanan dengan gizi seimbang untuk menu sahur dan berbuka puasa. Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian, buah, sayuran, protein, dan lemak sehat untuk menu sahur.

Sedangkan untuk berbuka puasa, pilihlah makanan seperti kurma, sayur, protein, dan minuman sehat seperti air putih dan jus buah. Hindari makanan berlemak dan berlebihan gula tambahan, karena tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

5. Tetap Beraktivitas

Berpuasa bukan alasan untuk menjadi malas. Tetaplah aktif meskipun sedang menjalankan puasa. Ini akan membantu tubuh membakar kalori yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Simpel untuk Ditiru: Mudah, Enak, dan Sederhana

Meskipun mungkin kamu perlu mengurangi intensitas aktivitas, tetaplah aktif. Cobalah yoga atau melakukan kegiatan rumah tangga untuk tetap bergerak. Ini juga dapat membantu mengelola stres kamu.

6. Rutin Minum Air Putih

Karena tidak boleh minum selama berpuasa, pastikan kamu memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting saat berpuasa.

Bagi jumlah minum air putih ke beberapa waktu agar tidak membuat perut kembung. Rutin minum air putih juga membantu menghindari keracunan air karena mengencerkan elektrolit.

7. Jangan Lewatkan Sahur

Jangan melewatkan sahur. Melewatkan sahur akan membuatmu kekurangan energi untuk menjalankan puasa.

Melewatkan sahur juga bisa membuatmu makan berlebihan saat berbuka. Ini tidak baik untuk diet kamu. Kamu bisa mengurangi kadar garam dalam menu sahur agar tidak terlalu haus saat berpuasa. Dengan begitu, kamu tetap bisa menjalankan diet sehat saat puasa.

BACA JUGA: Wajib Dicoba, 5 Rekomendasi Resep Menu Buka Puasa Tanpa Santan yang Menggugah Selera

Itulah beberapa tips diet sehat saat puasa yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menjalani diet ini tanpa merasa kesulitan, asalkan bisa menjaga porsi dan kalori makanan yang kamu konsumsi. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk kamu!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: