Ditpolairud Polda Jateng Mulai Siapkan Tim SAR di Pantura Kabupaten Pemalang

Ditpolairud Polda Jateng Mulai Siapkan Tim SAR di Pantura Kabupaten Pemalang

APEL - Tim SAR Arnavat Polres Pemalang dan relawan saat apel siaga di Pantai Widuri Pemalang.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng. Mulai mempersiapkan tim SAR dan relawan SAR Arnavat untuk mengantisipasi kecelakaan air dan laut di wilayah Pantura. Menjelang libur panjang hari raya Idul Fitri yang akan datang.

Demikian saat apel siaga yang diikuti seluruh tim SAR dan relawan SAR dari wilayah Pantura Jawa Tengah, di Pantai Widuri Kabupaten Pemalang.

“Pada setiap libur panjang hari raya Idul Fitri, lonjakan wisatawan ke objek wisata bahari atau wisata air cukup tinggi. Sehingga perlu diantisipasi untuk mencegah adanya korban akibat kecelakaan laut atau air,” jelas Dirpolairud Polda Jateng Kombes Hariyadi.

BACA JUGA:Pendaftaran Pasangan Calon Wali Kota Tegal Dibuka Agustus 2024

Pada libur Idul Fitri tahun kemarin, kata Hariyadi, tercatat ada 5 korban yang meninggal dunia, akibat tenggelam di obyek wisata air. 

"Makanya, kami akan mensiagakan tim SAR dan relawan SAR di sejumlah tempat wisata perairan, untuk meminimalisir korban laka laut ataupun tenggelam,” terangnya.

Agar dapat menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam kegiatan SAR, lanjut Hariyadi, Ditpolairud menggelar apel siaga yang diikuti seluruh tim SAR dan relawan SAR dari wilayah Pantura Jawa Tengah.

"Di kawasan pantura, kami mensiagakan sebanyak 60 relawan SAR Arnavat di masing-masing Kabupaten, mulai dari Brebes, Tegal kota, Tegal Kabupaten, Pemalang, Pekalongan, Batang sampai Kendal," kata Hariyadi.

Pihaknya menyampaikan, dengan adanya relawan SAR Arnavat yang merupakan wujud kemitraan Polri dengan masyarakat pesisir, diharapkan perbantuan atau pertolongan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, untuk memperkecil kerugian jiwa maupun materiil.

BACA JUGA:Warga Pesurungan Lor Kota Tegal Bantu Korban Banjir Brebes

“Harap inventarisir dan siapkan peralatan SAR yang akan digunakan, serta tingkatkan keterampilan dan kemampuan SAR kepada para relawan SAR Arnavat, dengan tetap menjaga sinergitas dengan instansi terkait dan potensi SAR yang ada,” paparnya.

Ia juga meminta tim dan relawan SAR Arnavat untuk tetap memegang teguh ikrar, dalam menjalankan misi kemanusiaan tanpa pamrih dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa demi kemanusiaan.

“Landasi kegiatan SAR dengan hati yang ikhlas untuk menolong sesama, insya allah akan menjadi ladang amal bagi kita,” ungkapnya.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Job Fair dan Expo Industri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: