11 Makanan Penambah Darah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Menderita Anemia

11 Makanan Penambah Darah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Menderita Anemia

Rekoemndasi makanan penambah darah-Qoala-

Selain kerang, makanan laut lainnya seperti sarden, tuna, dan salmon juga dapat dikonsumsi sebagai penambah darah alami. Namun, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan laut yang dikonsumsi agar terhindar dari keracunan merkuri yang dapat mengganggu perkembangan otak janin.

8. Kedelai

Zat penambah darah alami juga bisa kamu dapatkan dalam kandungan kacang-kacangan, salah satunya kacang kedelai.

BACA JUGA: 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Anemia, Kunci Makanan Penambah Darah

Efek ini disebabkan oleh kandungan zat besi dalam kacang kedelai: 100 gram kacang kedelai mengandung 4 miligram zat besi, yang membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam darah.

Selain kedelai, kamu dapat mengonsumsi kacang hitam, kacang merah, lentil, kacang polong, dan kacang polong.

9. Bayam

Bayam adalah makanan lain yang mengandung nutrisi yang meningkatkan hematopoiesis. Setiap 100 gram daun bayam mengandung sekitar 5,7 miligram zat besi, menjadikan tanaman ini sebagai stimulan darah alami.

Selain kandungan zat besinya yang tinggi, bayam juga mengandung sejumlah nutrisi lain termasuk asam folat, protein, serat, kalsium, vitamin C, vitamin A dan vitamin E.

10. Daging sapi

Daging, terutama daging merah, juga mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Salah satu jenis daging merah yang tinggi zat besi dan penambah darah alami adalah daging sapi. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram daging sapi mengandung 3 miligram zat besi.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Anemia Pada Lansia, Termasuk Gejala dan 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Jenis daging lainnya juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan suplai darah. Zat besi yang ada dalam daging mudah diserap oleh tubuh sehingga efektif dalam meningkatkan jumlah sel darah merah.

11. Sereal yang Diperkaya dengan Zat Besi

Siapa sangka semangkuk sereal dapat menjadi obat alami untuk meningkatkan warna darah? Sereal adalah salah satu makanan yang paling kaya zat besi. Oleh karena itu, makan 100 gram sereal memberi kamu 9 miligram zat besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: